EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PADA PELAYANAN PELANGGAN DAN PERIZINAN DI BADAN PENGUSAHAAN BATAM

Hidayati, Nur Iman (2024) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PADA PELAYANAN PELANGGAN DAN PERIZINAN DI BADAN PENGUSAHAAN BATAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang memiliki tujuan untuk menunjukkan suatu keefektifan komunikasi pada pelayanan pelanggan dan perizinan di Badan Pengusahaan Batam. Penelitian ini menjadikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Batam sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini melibatkan 15 (lima belas) orang sebagai informan. Informan pada penelitian ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu pimpinan, petugas loket pelayanan, dan pelanggan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan ketika melakukan kegiatan Kuliah, Kerja, Komunikasi (K3) di bulan Agustus 2023. Wawancara diambil dengan bertemu langsung dengan informan yang dilibatkan. Teori yang digunakan pada penelitian ini ialah teori komunikasi interpersonal, komunikasi efektif, dan teori service excellence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pada pelayanan pelanggan dan perizinan di Badan Pengusahaan Batam masih belum efektif. Petugas loket pelayanan masih ditemukan tidak melayani pelanggan sesuai dengan tujuan dari standar pelayanan, kemudian petugas loket yang masih banyak tidak memperbaiki diri atas evaluasi yang diberikan oleh pimpinannya. Kurangnya sifat komunikatif dan informatif kepada pelanggan juga menjadikan komunikasi di pelayanan pelanggan dan perizinan ini belum efektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Efektivitas Komunikasi, Pelayanan Pelanggan, Pelayanan Prima, Deskriptif Kualitatif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:50
Last Modified: 21 Oct 2024 04:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26408

Actions (login required)

View Item View Item