{JALUR MAGANG IT} ANALISIS DAN VISUALISASI DATA PENINGKATAN PENJUALAN VIDEO GAME GLOBAL DENGAN METODE PENDEKATAN EXPLORATORY DATA ANALYSIS

Husaini, Muhamad Firdan (2024) {JALUR MAGANG IT} ANALISIS DAN VISUALISASI DATA PENINGKATAN PENJUALAN VIDEO GAME GLOBAL DENGAN METODE PENDEKATAN EXPLORATORY DATA ANALYSIS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.12.1555.zip
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, industri Video Game menjadi salah satu sektor yang terus berkembang dengan pesat, memperlihatkan tren peningkatan penjualan yang signifikan secara global. Video game adalah gabungan teknologi, seni, dan pengalaman interaktif yang melibatkan pengembangan skenario, desain tindakan interaktif yang menghibur, aktivitas pemrograman, pengembangan karakter, seni grafis, desain suara, musik, integrasi, serta penilaian kualitas [1]. Dalam sebuah penjualan video game sering terjadi penurunan penjualan yang diakibatkan salahnya departemen sebuah perusahaan dalam mengambil keputusan strategis penjualan dan siklus hidup video game yang berkelanjutan. Untuk memahami dinamika pasar dan mengambil keputusan yang tepat dalam pengembangan produk, maka “Analisis dan Visualisasi Data Peningkatan Penjualan Video Game Global dengan Metode Pendekatan Exploratory Data Analysis” menjadi kunci utama. EDA adalah pendekatan penting untuk memahami dinamika pasar dan membuat keputusan pengembangan produk yang tepat. EDA digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang data di luar kerangka formal pemodelan atau pengujian hipotesis, dengan tujuan merangkum karakteristik statistik yang signifikan [2]. Fokus utama EDA mencakup ukuran tendensi sentral (mean, modus, dan median), ukuran penyebaran (deviasi standar dan varians), bentuk distribusi, dan keberadaan outlier [3]. Analisis ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan game global dari 2.47% menjadi 4% dalam satu tahun. Hasil temuan analisis data ini menunjukkan puncak penjualan pada 2008 sebesar $688.29 juta dan titik terendah pada 2016 sebesar $175.93 juta. Temuan ini berfokus pada analisis game terlaris, publisher, dan genre teratas. Sebagai hasilnya, beberapa rekomendasi strategis atas temuan analisis disusun, serta dashboard visualisasi dan website visualisasi data dibuat untuk mendukung keputusan berbasis data dan memperkuat posisi pasar global.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pristyanto, Yoga
Uncontrolled Keywords: Video Game, Analisis Data, Visualisasi Data, Exploratory Data Analysis
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:25
Last Modified: 15 Oct 2024 04:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26306

Actions (login required)

View Item View Item