PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID “MENGENAL SERANGGA” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PENGENALAN NAMA SERANGGA

Ramadhan, Whiki Seta Indra (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID “MENGENAL SERANGGA” MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PENGENALAN NAMA SERANGGA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3662.zip
Restricted to Repository staff only

Download (97MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Mengenal lingkungan dan setiap elemen yang ada di dalamnya merupakan hal yang perlu anak-anak ketahui. Pengenalan ini dapat menjadikan anak-anak lebih peka terhadap lingkungan dan dapat membantu anak dalam menjaga lingkungan di sekitarnya. Serangga adalah binatang yang sering dijumpai di lingkungan sekitar anak-anak. Anak perlu mengetahui bahwa serangga ada yang merugikan dan ada juga yang menguntungkan bagi manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukasi berbasis Android yang dapat membantu pengguna, terutama anak-anak, untuk mengenal lebih dekat dengan serangga. Game ini dibuat menggunakan perangkat lunak Construct 2 sebagai platform pengembangan game. Metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Game "Mengenal Serangga" dirancang dengan tujuan agar anak-anak dapat belajar mengenal serangga secara interaktif dan menyenangkan. Game ini menyediakan menu belajar yang mencakup keterangan berbagai jenis serangga dan menu bermain menyusun huruf nama-nama serangga yang memungkinkan pengguna untuk belajar sambil bermain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Marco, Robert
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Serangga, Android, Media Pembelajaran, Construct 2
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:31
Last Modified: 14 Oct 2024 04:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item