Fitriyana, Rico Nur (2015) PERANCANGAN GAME EDUKASI PADA BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (370kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Indonesia terletak di daerah dengan tingkat aktivitas gempa bumi tinggi, hal tersebut sebagai akibat bertemunya tiga lempeng tektonik utama dunia dimana sebagian besar wilayah Indonesia berada di dalamnya. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang ditakuti oleh semua orang karena proses terjadinya secara tiba- tiba dan tidak bisa dicegah. Gempa bumi telah menewaskan banyak orang di seluruh dunia. Berdasarkan penelitian yang telah ada, tingkat kepedulian dan pemahaman masyarakat atas proses evakuasi yang tepat pada bencana gempa bumi ternyata masih kurang. Padahal dalam menghadapi sebuah bencana, semakin lengkap pemahaman yang didapatkan masyarakat, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan penduduk yang ada di daerah bencana untuk selamat dalam proses evakuasi. Game gempa bumi adalah sebuah game casual yang tujuan utamanya untuk mendidik masyarakat dalam menghadapi bencana dan standar evakuasi pada saat terjadi bencana gempa bumi. Game casual merupakan modus game dengan aturan-aturan yang sederhana dan mudah dalam memainkannya. Metodologi penelitian yang digunakan untuk membangun aplikasi game edukasi ini menggunakan metode Waterfall, dengan pemodelan datanya berorientasi objek. Sedangkan aplikasi mobile ini dibuat untuk smartphone berbasis android dengan keunggulan ponsel-ponsel android yaitu Touch Screen menjadikan suatu permainan lebih interaktif. Aplikasi yang dihasilkan adalah sebuah game gempa bumi yang ditujukan untuk memberikan gambaran kepada pengguna untuk mulai tanggap bencana gempa bumi. Disamping itu, penulis juga berharap agar masyarakat mulai mengerti tentang mitigasi bencana agar angka korban kematian akibat gempa bumi semakin menurun gempa bumi. Penulis berharap aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut agar lebih baik kedepannya, terutama menerapkan kecerdasan buatan lain sehingga lebih banyak lagi variasi dari perilaku karakter dan informasi tetang tanggap bencana gempa bumi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Game Edukasi, Gempa Bumi, Mitigasi Bencana, Android, Mobile, Perancangan, Implementasi, Metode Waterfall. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:27 | ||
Last Modified: | 19 Sep 2024 04:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26116 |
Actions (login required)
View Item |