PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK PRODUK GERABAH KERAMIK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN STUDY KASUS PADA KEDAI KERAMIK SEDYO MULYO BAYAT KLATEN

Gusairi, Ahmad (2013) PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK PRODUK GERABAH KERAMIK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DENGAN STUDY KASUS PADA KEDAI KERAMIK SEDYO MULYO BAYAT KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (593kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Kerajinan gerabah sudah mulai dikenal sudah sejak lama. Pembuatan gerabah merupakan usaha yang telah berlangsung secara turun-temurun. Salah satu kerajinan gerabah di Jawa Tengah terdapat di daerah Bayat, Klaten. Proses pembuatan gerabah didaerah ini masih dilakukan secara tradisional. Pekerja duduk pada sebuah dingklik dan posisi tangan kiri memutar meja putar yang digunakan untuk membuat gerabah, sedangkan tangan kanan membentuk benda kerja sesuai dengan keinginan. Walaupun sebagian besar pekerjaan masyarakat Bayat adalah bertani, namun pembuatan gerabah masih dilakukan sebagai usaha sampingan guna membantu perekonomian mereka. Dalam regenerasi, mereka mengajarkan teknik pembuatan gerabah kepada anaknya lewat pendidikan informal. Kedai Keramik Sedyo Mulyo memproduksi berbagai macam gerabah keramik. Adapun beberapa produk gerabah keramik yang telah dihasilkan. diantaranya adalah guci bermotif, gerabah keramik berbentuk hewan seperti gajah, singa, ayam, badak dan sebagainya, ada juga kursi gerabah, serta patung manusia, hingga gerabah gerabah kecil lainnya. Sangat bermacam-macam bentuk dari gerabah yang terbuat dari tanah liat ini. Oleh karena itu diperlukan suatu teknologi yang dapat membantu untuk media promosi, hal ini diharapkan akan menambah ketertarikan konsumen untuk memiliki gerabah keramik sebagai hiasan di rumah mereka. Teknologi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Gerabah, Kedai Keramik, Augmented Reality, 3D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:05
Last Modified: 08 Jul 2024 03:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/26050

Actions (login required)

View Item View Item