Rahayu, Risgi Sri (2024) {JALUR PROFESIONAL-STUDI INDEPENDEN} PENGEMBANGAN DESAIN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE KITABISA DENGAN METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN USER EXPERIENCE PADA CHALLENGE SKILVUL: UI/UX DESIGN MASTERY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (38kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Studi Independen Source Code - Risgi Sri Rahayu.zip Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kitabisa merupakan salah satu flatform crowdfunding atau penggalangan dana terbesar di Indonesia yang bertujuan untuk membatu individu, masyarakat, komunitas, maupun organisasi. Saat ini, Kitabisa ingin melakukan redesign bahkan revamp yang berfokus pada bagian “Berita”. Oleh sebab itu dibutuhkan desain user interface aplikasi yang bisa menghadirkan informasi atau berita terbaru mengenai kampanye kepada donatur sehingga meningkatkan tingkat retensi atau pengguna tetap yang menggunakan aplikasi Kitabisa. Untuk menciptakan aplikasi yang unggul, diperlukan desain User Interface dan User Experience yang baik agar dapat memahami kebutuhan pengguna. Salah satu metode pendekatan yang digunakan dalam pengembangan User Interface (UI) sebuah aplikasi yaitu dengan design thinking yang meliputi 5 tahap yaitu Empathize, Define, Ideating, Prototyping, dan Test. Pada tahap pengujian yang mencakup usability testing menggunakan maze dan kuesioner UEQ. Didapatkan nilai 1.82 untuk Attractiveness, 1.71 untuk Pragmatic Quality, dan 1.46 untuk Hedonic Quality. Berdasarkan hasil rata-rata yang sudah didapatkan, maka pengembangan desain user interface aplikasi mobile Kitabisa menunjukkan evaluasi positif. Setelah melalui semua tahap design thinking, dilakukan implementasi aplikasi mobile untuk hasil akhir produk yang diharapkan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna aplikasi Kitabisa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Design Thinking, Redesign, Kitabisa, Aplikasi. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:49 | ||
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25179 |
Actions (login required)
View Item |