Raihan, Muhammad Faiz (2024) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF GERAK DAN GAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE MDLC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (826kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Muhammad Faiz Raihan.zip Restricted to Repository staff only Download (119MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang cukup pesat, terutama dalam bidang pendidikan. Pengajar dilatih untuk membuat kegiatan belajar lebih bervariasi dengan melibatkan pemanfaatan berbagai metode, dan salah satunya adalah memakai media pembelajaran interaktif. Akan tetapi, penggunaan media interaktif masih sedikit dilakukan di sekolah. MTs Negeri 1 Klaten merupakan salah satu sekolah yang cara mengajarnya masih menggunakan metode ceramah maupun demonstrasi menggunakan alat peraga yang jumlahnya terbatas untuk materi gerak dan gaya. Selain itu, guru juga menyampaikan materi tersebut melalui sebuah video di kelas tertentu. Dari siswa sendiri juga dirasa belum siap untuk menerima materi gerak dan gaya dikarenakan materi IPA yang cukup kompleks ditambah dengan perhitungan rumus yang ada. Dari masalah tersebut menyebabkan siswa menjadi kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan dan merasa bosan dengan metode pengajaran yang dilakukan oleh guru. Metode pembuatan aplikasi media interaktif ini menerapkan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 langkah, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Untuk metode pengumpulan data melibatkan pelaksanaan wawancara langsung dengan guru mata Pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif gerak dan gaya mudah dipahami oleh peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil pengujian dari aspek kelayakan aplikasi dan pemahaman materi. Hasil uji kelayakan aplikasi yang dilakukan oleh 3 guru memperoleh nilai 84.6667% yang tergolong dalam kategori sangat layak. Serta hasil uji pemahaman materi yang dilakukan oleh 32 siswa kelas 8 UG 1 memperoleh nilai 81.09375% yang tergolong dalam kategori sangat paham.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Gerak, Gaya, Media Interaktif, MDLC, Unity | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 03:25 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 03:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25019 |
Actions (login required)
View Item |