PENGEMBANGAN DAN EVALUASI VIRTUAL TOUR FOTO 360 MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING SEBAGAI MEDIA INFORMASI MUSEUM GM SAUNAN

Rianda, Farhan Riski (2024) PENGEMBANGAN DAN EVALUASI VIRTUAL TOUR FOTO 360 MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING SEBAGAI MEDIA INFORMASI MUSEUM GM SAUNAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - FARHAN RISKI RIANDA.zip
Restricted to Repository staff only

Download (168MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Museum GM Saunan dihadapkan pada serangkaian tantangan akibat minimnya inovasi terkini, terutama dalam mengarsipkan dan mendigitalisasi artefak masa Kerajaan Matan Tanjungpura. Kurangnya pendekatan inovatif ini dapat menimbulkan risiko kerusakan, kecacatan, bahkan kehilangan benda-benda bersejarah jika terus-menerus dipamerkan. Dampaknya terlihat pada menurunnya daya tarik museum sebagai destinasi wisata, serta kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelestarian warisan budaya. Kendala lainnya melibatkan minimnya aksesibilitas informasi mengenai koleksi dan sejarah museum, yang merugikan dalam upaya promosi dan pendidikan publik. Penelitian ini menerapkan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai landasan pengembangan aplikasi TanjungVR. Usability Testing berperan untuk memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah mengakses, memahami, dan berinteraksi dengan informasi yang disajikan melalui media tersebut. Melalui pengujian ini, pengembang dapat menyesuaikan desain dan navigasi media informasi agar lebih intuitif dan efisien bagi pengguna, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas komunikasi informasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usability testing aplikasi TanjungVR menghasilkan tingkat kepuasan yang tinggi dari pengguna. Skor ratarata 4.58 untuk Usefulness, 4.41 untuk Ease of Use, 4.40 untuk Ease of Learning, dan 4.30 untuk Satisfaction. Ini menegaskan bahwa TanjungVR berhasil memberikan kemudahan dalam mengakses, memahami, dan berinteraksi dengan informasi yang disajikan dalam aplikasi tersebut, serta menjadi solusi yang efektif dalam mendigitalisasi bangunan dan mempromosikan Museum GM Saunan. Temuan ini memberikan landasan positif untuk perluasan penggunaan teknologi VR dalam upaya pelestarian dan promosi warisan budaya di museum sejenis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Virtual reality, Virtual tur, Museum, Media informasi, Pengujian usability
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:58
Last Modified: 26 Apr 2024 02:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/25004

Actions (login required)

View Item View Item