PERANCANGAN SOUNDBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Saputra, Dhesta Ramadhan Surya (2024) PERANCANGAN SOUNDBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Dhesta Ramadhan Surya Saputra.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pendidikan memberikan peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Salah satu teknologi yang menjanjikan adalah Augmented Reality (AR), yang telah banyak digunakan dalam berbagai konteks pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Soundbook berbasis Augmented Reality yang bertujuan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini dalam pengenalan hewan. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan Metode Perancangan Model Development Life Cycle (MDLC), dengan subjek penelitian yang merupakan siswa program Multimedia. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik observasi, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara. Proses pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR) melibatkan penggunaan perangkat lunak Vuforia dan Unity. Vuforia digunakan untuk membangun basis data Marker yang menjadi penanda bagi setiap objek 3D yang akan ditampilkan. Sementara Unity berperan dalam mengintegrasikan semua komponen yang telah dibuat, yang kemudian diekspor menjadi aplikasi AR dalam format apk yang dapat diinstal pada perangkat Android. Hasil dari penelitian ini Menunjukkan bahwa Augmented Reality bisa menjadi opsi alternatif dalam menyajikan materi dengan cara yang lebih jelas, khususnya dalam menampilkan visual objek Hewan, serta berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Aplikasi ini mencapai tingkat kepuasan yang cukup tinggi dalam aspek tampilan dengan persentase sebesar 91,2%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity, Media Pembelajaran, Hewan, Usia Dini.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:46
Last Modified: 26 Apr 2024 02:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item