Saputra, Dhesta Ramadhan Surya (2024) PERANCANGAN SOUNDBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (67kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Dhesta Ramadhan Surya Saputra.zip Restricted to Repository staff only Download (1kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam pendidikan memberikan peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Salah satu teknologi yang menjanjikan adalah Augmented Reality (AR), yang telah banyak digunakan dalam berbagai konteks pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Soundbook berbasis Augmented Reality yang bertujuan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini dalam pengenalan hewan. Dalam penelitian ini, penulis menerapkan Metode Perancangan Model Development Life Cycle (MDLC), dengan subjek penelitian yang merupakan siswa program Multimedia. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan beberapa teknik observasi, dokumentasi, studi literatur, dan wawancara. Proses pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR) melibatkan penggunaan perangkat lunak Vuforia dan Unity. Vuforia digunakan untuk membangun basis data Marker yang menjadi penanda bagi setiap objek 3D yang akan ditampilkan. Sementara Unity berperan dalam mengintegrasikan semua komponen yang telah dibuat, yang kemudian diekspor menjadi aplikasi AR dalam format apk yang dapat diinstal pada perangkat Android. Hasil dari penelitian ini Menunjukkan bahwa Augmented Reality bisa menjadi opsi alternatif dalam menyajikan materi dengan cara yang lebih jelas, khususnya dalam menampilkan visual objek Hewan, serta berperan sebagai media pembelajaran yang menarik. Aplikasi ini mencapai tingkat kepuasan yang cukup tinggi dalam aspek tampilan dengan persentase sebesar 91,2%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Unity, Media Pembelajaran, Hewan, Usia Dini. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Apr 2024 02:46 | ||
Last Modified: | 26 Apr 2024 02:46 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24998 |
Actions (login required)
View Item |