Pramana, Muhammad Haris (2024) PENERAPAN TEKNIK ANIMASI FRAME BY FRAME PADA VIDEO PENGENALAN SEJARAH DAN KEILMUAN PERGURUAN PENCAK SILAT BELADIRI TANGAN KOSONG MERPATI PUTIH: BELADIRI ASLI WARISAN BUDAYA MATARAM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Haris Pramana.zip Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
Abstract
Masalah penelitian ini adalah kurangnya informasi mengenai sejarah dan keilmuan salah satu aliran beladiri asli Indonesia yaitu Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih (PPS Betako MP). Hal ini berdampak terutama pada generasi muda penerus budaya kurang mengenal sejarah dan keilmuan aliran-aliran pencak silat di Indonesia. Yogyakarta yang merupakan pusat kerajaam Mataram Islam ternyata menjadi sumber asal muasal salah satu beladiri pencak silat di Indonesia yaitu PPS Betako MP. Audience yang menonton video informasi diharapkan menjadi tertarik kemudian berupaya memberikan kontribusi dalam rangka melestarikan budaya pencak silat yang merupakan warisan nenek moyang Bangsa Indonesia. Penelitian ini dikemas dalam produk video animasi dua dimensi (2D) dengan teknik frame by frame sehingga menarik dan diharapkan dapat mengatasi masalah sedikitnya informasi mengenai budaya beladiri asli Indonesia. Gambaran sinopsis video 2D adalah perjalanan seorang tokoh protagonis mulai dari awal ketertarikan sampai berlatih dan ujian kenaikan tingkat, kemudian dalam proses pelatihan mendapatkan pembinaan mental mengenai sejarah dan keilmuan PPS Betako MP. Tahapan dalam pembuatan animasi dilakukan dengan mengolah unsur gambar dan suara menjadi sebuah rangkaian gambar yang bersuara. Penciptaan karakter, pembuatan story board, keyframe, background, inbetween, warna mengatur, dan mengolah gerak semuanya dilakukan dengan komputer dengan menerapkan rinsip-prinsip animasi. Hasil penelitian video 2D diharapkan dapat dimanfaatkan oleh semua audience terutama untuk membantu mengenalkan PPS Betako MP dalam setiap penerimaan calon anggota baru. Audiece menjadi lebih mengenal dan tergerak untuk melestarikan budaya beladiri salah satu aliran pencak silat Indonesia yang sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda di dunia oleh UNESCO.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Video, Sejarah, Keilmuan, PPS Betako MP | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:41 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24942 |
Actions (login required)
View Item |