PEMBUATAN ANIMASI ASAL MULA GUNUNG MERATUS DAN DANAU JEMPANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI KULTURAL DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC

Sari, Theresia Widia (2024) PEMBUATAN ANIMASI ASAL MULA GUNUNG MERATUS DAN DANAU JEMPANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI KULTURAL DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHIC. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Theresia Widiasari.zip
Restricted to Repository staff only

Download (370B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Motion graphic merupakan teknik yang menyatukan desain grafis dan digerakkan dalam bidang dan jangka waktu tertentu. Teknik motion graphic menjadi salah satu teknik yang efektif untuk membuat adegan yang sulit diciptakan menggunakan live shot. Oleh karena itu penulis memilih teknik ini untuk menceritakan kisah tentang Gunung Meratus dan Danau Jempang, salah dua dari beberapa objek alam terbesar di Pulau Kalimantan yang diangkat menjadi cerita pendek oleh Korrie Layun Rampan. Metode yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah metode observasi dan analisis dokumen atau studi literatur. Kuesioner disebarkan kepada khalayak umum dan ahli untuk menguji kualitas animasi dan skor dihitung menggunakan skala likert. Kebutuhan penelitian dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan fungsional dan kebutuhan nonfungsional serta memuat aspek kreatif dan aspek teknis. Animasi ini melalui 3 proses perancangan yaitu, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil dari penelitian adalah animasi dengan durasi 3 menit 4 detik berformat .mp4 yang diunggah ke platform YouTube dan TikTok. Hasil evaluasi pada tahap apha testing yang menguji kebutuhan fungsional dinyatakan tercapai. Evaluasi beta testing pada masyarakat umum melalui media kuesioner mendapatkan skor 88,75% dan hasil kuesioner untuk responden ahli mendapatkan skor 84% sehingga animasi ini dikategorikan sebagai “sangat baik”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Motion graphic, Meratus, Jempang, Korrie Layun Rampan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:45
Last Modified: 25 Apr 2024 02:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24880

Actions (login required)

View Item View Item