EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MARKER DALAM AUGMENTED REALITY VISUALISASI BUMI

Khotimah, Agus (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MARKER DALAM AUGMENTED REALITY VISUALISASI BUMI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (819kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Agus Khotimah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Terdapat berbagai pengetahuan mengenai Bumi sebagai planet yang digunakan sebagai tempat tinggal manusia serta berbagai makhluk hidup lainnya. Pembelajaran mengenai Bumi secara nyata dapat melalui aplikasi yang menerapkan teknologi Augmented Reality berupa Visualisasi Bumi. Dalam menampilkan Augmented Reality, memerlukan penggunaan marker sebagai pelacakan objek pada tracking kamera. Namun sering terdapat permasalahan saat kamera melakukan pelacakan seperti objek yang memakan waktu lama saat ingin dimunculkan pada aplikasi, objek yang muncul jauh dari area tracking kamera dan marker, serta objek yang tidak muncul pada marker. Dengan menggunakan metode marker based tracking dalam menampilkan objek 3D, dapat dilakukan pengujian untuk mengukur efektivitas penggunaan marker dengan menguji keakuratan intensitas cahaya, sudut, jarak, dan perangkat yang digunakan dalam memindai marker. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan marker laminasi glossy dan doff pada metode marker based dapat menampilkan objek 3D jika terdapat pencahayaan yang cukup, yaitu dengan intensitas cahaya lebih dari 10 lux pada kedua laminasi marker, dan posisi marker dengan berbagai sudut mulai dari 0˚ sampai 180˚ tetap dapat menampilkan objek 3D. Tipe marker laminasi glossy hanya dapat menampilkan objek 3D dengan jarak kurang dari 100 cm, dan tipe marker doff tetap dapat menampilkan objek 3D pada jarak 150 cm. Aplikasi hanya dapat melakukan proses instalasi, running, scanning dengan baik pada perangkat smartphone versi android 13.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Android, Pengetahuan, Pelacakan, Augmented Reality, Berbasis Penanda
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:05
Last Modified: 25 Apr 2024 02:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24851

Actions (login required)

View Item View Item