Khotimah, Agus (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MARKER DALAM AUGMENTED REALITY VISUALISASI BUMI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (819kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Agus Khotimah.zip Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
Abstract
Terdapat berbagai pengetahuan mengenai Bumi sebagai planet yang digunakan sebagai tempat tinggal manusia serta berbagai makhluk hidup lainnya. Pembelajaran mengenai Bumi secara nyata dapat melalui aplikasi yang menerapkan teknologi Augmented Reality berupa Visualisasi Bumi. Dalam menampilkan Augmented Reality, memerlukan penggunaan marker sebagai pelacakan objek pada tracking kamera. Namun sering terdapat permasalahan saat kamera melakukan pelacakan seperti objek yang memakan waktu lama saat ingin dimunculkan pada aplikasi, objek yang muncul jauh dari area tracking kamera dan marker, serta objek yang tidak muncul pada marker. Dengan menggunakan metode marker based tracking dalam menampilkan objek 3D, dapat dilakukan pengujian untuk mengukur efektivitas penggunaan marker dengan menguji keakuratan intensitas cahaya, sudut, jarak, dan perangkat yang digunakan dalam memindai marker. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan marker laminasi glossy dan doff pada metode marker based dapat menampilkan objek 3D jika terdapat pencahayaan yang cukup, yaitu dengan intensitas cahaya lebih dari 10 lux pada kedua laminasi marker, dan posisi marker dengan berbagai sudut mulai dari 0˚ sampai 180˚ tetap dapat menampilkan objek 3D. Tipe marker laminasi glossy hanya dapat menampilkan objek 3D dengan jarak kurang dari 100 cm, dan tipe marker doff tetap dapat menampilkan objek 3D pada jarak 150 cm. Aplikasi hanya dapat melakukan proses instalasi, running, scanning dengan baik pada perangkat smartphone versi android 13.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Android, Pengetahuan, Pelacakan, Augmented Reality, Berbasis Penanda | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:05 | ||
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24851 |
Actions (login required)
View Item |