ANALISIS POLA PENJUALAN PRODUK PADA TOKO MITRA JAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Faisal, Akhmad (2023) ANALISIS POLA PENJUALAN PRODUK PADA TOKO MITRA JAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Akhmad Faisal.zip
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)

Abstract

Pencatatan laporan transaksi pada penjualan toko Mitra Jaya sudah menggunakan sistem terkomputerisasi. Akan tetapi dalam menemukan pola produk yang dibeli oleh pembeli, belum memanfaatkan histori atau riwayat transaksi penjualan sebagai bahan pertimbangan analisis dan terkadang sering menemukan kendala dalam menentukan stok produk dan memberikan rekomendasi produk sehingga disaat pemilik toko bisa mempersiapkan ketersediaan produk di toko dan memberikan rekomendasi untuk produk yang sering dibeli. Maka dari itu dibuatlah Sistem Data Mining berbasis website menggunakan Algoritma Apriori dengan konsep untuk menemukan pola-pola atau asosiasi yang signifikan dalam kumpulan transaksi. Algoritma ini bekerja dengan mengidentifikasi item-item yang sering muncul bersama dan menggunakan metrik support dan confidence untuk mengukur keberartiannya. Dengan pendekatan bertahap, algoritma ini membangun itemset berdasarkan frekuensi kemunculan dan menggabungkan itemset yang signifikan. Hasil Algoritma Apriori dengan metode Association Rule berhasil diterapkan untuk menganalisis pola pembelian di toko Mitra Jaya. Menggunakan data sampel dari 1 Januari hingga 31 Agustus 2023 dengan 1.746 transaksi, penelitian ini memberikan dasar untuk memberikan rekomendasi yang memandu manajemen persediaan produk. Hasil analisis dengan algoritma Apriori menghasilkan 40 produk yang memenuhi kriteria untuk diisi kembali dalam stok toko, dan mengidentifikasi 18 aturan asosiasi yang menggambarkan hubungan produk dalam dataset. Sebagai contoh, aturan yang memiliki Confidence sekitar 40,74% dan Nilai Uji Lift sekitar 0,6441, seperti "INDOMIE JAPANESE TORI MISO RAMEN 86g dan GAGA MIE INSTANT 100 EXTRA PEDAS KUAH SOTO 75g," memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan produk. Namun, pengujian juga menunjukkan bahwa nilai Support yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk membatasi jumlah aturan yang dihasilkan, sehingga memerlukan lebih banyak data untuk analisis yang lebih komprehensif guna meningkatkan pemahaman tentang pola pembelian. Keseluruhan, penelitian ini berhasil mengintegrasikan metode data mining dan algoritma Apriori untuk memberikan panduan berharga bagi toko Mitra Jaya dalam mengelola stok produk dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Histori transaksi, Pencatatan laporan transaksi, Penjualan Toko, Sistem terkomputerisasi, Analisis pola produk, Rekomendasi produk, Stok barang, Sistem data mining, Algoritma Apriori, Itemset, Aturan Asosiasi, Analisis Data, Kepuasan pelanggan, Mitra Jaya, Toko.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:45
Last Modified: 15 May 2024 07:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item