INTERAKTIF OCCLUSION DAN PENEMPATAN OBJEK PADA AUGMENTED REALITY

Ichwanummufid, Ichwanummufid (2019) INTERAKTIF OCCLUSION DAN PENEMPATAN OBJEK PADA AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (899kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang telah banyak diterapkan mulai dari bidang hiburan, Kedokteran, visualisasi, Pendidikan hingga Militer. Konsep umumnya adalah menambahkan objek virtual pada dunia nyata menggunakan marker sebagai objek tracking. Dalam perkembangannya perangkat AR dapat mendeteksi objek nyata 3D sebagai objek trackingnya (3D Object Tracking) sehingga memungkinkan interaksi antara objek virtual dan objek nyata. Akan tetapi penerapan AR untuk perangkat umum seperti smartphone Android yang tidak memiliki depth sensor, virtual objek ditambahkan tanpa memunyai depth information dari dunia nyata sehingga konten virtual selalu ditampilkan di depan atau di atas objek nyata dan menyebabkan permasalahan Occlusion (menutupi). Occlusion mengacu ke masalah ketika objek nyata yang lebih dekat dengan pengguna tertutupi oleh objek virtual yang lebih jauh. Penelitian ini akan memformulasikan penanganan permasalahan Occlusion menggunakan metode Model-Based Occlusion dimana informasi geometri model dari objek nyata harus diketahui dan di daftarkan terlebih dahulu kepada sistem. Untuk menjaga kesesuaian dari informasi geometri model dengan objek nyata nya, dibutuhkan Tracking. Dalam hal ini menggunakan 3D Object Tracking dengan memanfaatkan objek nyata yang telah didaftarkan pada Model-Based Occlusion. Dengan memanfaatkan metode tersebut, penelitian ini menghasilkan interaktif Occlusion dan penempatan objek yang benar pada Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: AR, Augmented reality, Occlusion. Model-Based, 3D Object tracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:55
Last Modified: 20 Mar 2024 03:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item