IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE APRIORI UNTUK MENEMUKAN ASSOCIATION RULES DARI DATA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TOKO FLANO MUSIK)

Setiawan, Adimas Surya (2018) IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE APRIORI UNTUK MENEMUKAN ASSOCIATION RULES DARI DATA TRANSAKSI PENJUALAN (STUDI KASUS: TOKO FLANO MUSIK). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

Informasi tentang penjualan bersifat penting terhadap proses penjualan. Pada penjualan suatu barang terdapat banyak transaksi, yang memungkinkan jumlah data transaksi yang tersimpan menjadi menumpuk. Oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memilah dan memilih data, sehingga bisa diperoleh informasi yang bermanfaat dengan mengimplementasikan data mining. Algoritma Apriori salah satu algoritma data mining dalam pembentukan asosiasi rule mining. Algoritma apriori adalah proses ekstraksi informasi dari suatu database, dilanjutkan dengan melakukan frequent item/itemset dan candidate generation dalam pembentukan asosiasi rule mining guna mendapatkan hasil nilai minimum support dan hasil nilai minimum confidence. Dengan menerapkan algoritma data mining apriori toko flano musik dapat mempercepat kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan, mempermudah dalam pemilihan stok barang dan mempermudah menentukan barang apa saja yang laku terjual dan barang apa saja yang tidak laku terjual dalam bulan atau jangka waktu tertentu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kusnawi, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Apriori, data mining, market hased analysis.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:49
Last Modified: 21 Feb 2024 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23966

Actions (login required)

View Item View Item