{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI 3D PADA MODELLING PULAU SUMATERA BARAT PADA FILM PENDEK NUSANTARA

Rahmad, Syukur (2023) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI 3D PADA MODELLING PULAU SUMATERA BARAT PADA FILM PENDEK NUSANTARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Jalur Magang Artist Source Code - Syukur Rahmad.zip
Restricted to Repository staff only

Download (180MB)

Abstract

Penelitian ini mengusung tema implementasi teknologi 3D modeling dalam pembuatan film pendek "Nusantara" dengan fokus pada representasi visual Pulau Sumatera Barat. Dalam konteks industri kreatif yang terus berkembang, teknologi 3D modeling menjadi aspek kunci untuk menciptakan pengalaman visual yang mendalam. Pulau Sumatera Barat, dengan kekayaan alam dan warisan budayanya, dianggap sebagai destinasi potensial untuk menggambarkan keindahan Nusantara melalui media film. Proyek ini, yang dipandu oleh program Puntadewa Film Pendek Nusantara, mengeksplorasi naratif seorang pria yang menggunakan Virtual Reality (VR) untuk menyampaikan kearifan dan budaya Nusantara. Fokus utama penelitian mencakup pembuatan model 3D Pulau Sumatera Barat dengan mengintegrasikan elemenelemen khas seperti rumah adat Minangkabau, Jam Gadang, dan batu malin kundang. Penelitian ini menitikberatkan pada pemilihan materi, teknik 3D modeling environment, serta pengujian melibatkan ahli 3D dan ahli industri dari MSV Studio. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan wawasan baru tentang penerapan teknologi 3D dalam perfilman lokal, merangsang perkembangan industri perfilman Indonesia, dan tetap mempertahankan keunikan dari kekayaan budaya dan alam Nusantara. Dengan memahami potensi dan batasan teknologi 3D modeling, penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendorong utama untuk menciptakan representasi visual yang menarik, memukau penonton, dan mengangkat industri perfilman lokal ke tingkat keunggulan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: 3D modeling, Pulau Sumatera Barat, film pendek, Nusantara, teknologi VR, representasi visual, Kekayaan budaya, Keindahan alam, Industri perfilman Indonesia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:26
Last Modified: 19 Feb 2024 07:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23788

Actions (login required)

View Item View Item