Rafika, Rizki Tri (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Rizki Tri Rafika.zip Restricted to Repository staff only Download (50MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini perkembangan teknologi terus berkembang pesat. Perkembangan teknologi tersebut telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk Pendidikan. Sekarang ini, sudah banyak media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, salah satunya metode pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Pembangunan Aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran bangun ruang untuk anak usia 6-9 tahun berbasis android merupakan salah satu pemanfaatan tekonologi Augmented Reality dalam bidang Pendidikan. Dengan dibuatnya media pembelajaran tersebut, diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC dengan langkah-langkah yang mencakup pengonsepan, desain aplikasi, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi, dan pendistribusian. Aplikasi Augmented Reality dikembangkan untuk platform mobile berbasis android dengan menggunakan teknologi yang memungkinkan objek virtual tampil di dunia nyata melalui layar perangkat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality yang menawarkan visualisasi tiga dimensi dari berbagai bentuk geometris seperti kubus, balok, prisma, kerucut, limas, tabung, dan bola. Dalam uji coba awal, aplikasi ini dilakukan pengujian beta testing dan alpha testing. Secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasikan bahwa aplikasi augmented reality memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bangun ruang bagi anak-anak usia 6-9 tahun. Aplikasi ini tidak hanya membantu mereka memahami konsep secara lebih baik, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Building Space Learning, Children, Interactive, 3D Visualization. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 06:58 | ||
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:58 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23481 |
Actions (login required)
View Item |