PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN BERBASIS ANDROID

Rafika, Rizki Tri (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG UNTUK ANAK USIA 6-9 TAHUN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Rizki Tri Rafika.zip
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi terus berkembang pesat. Perkembangan teknologi tersebut telah membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk Pendidikan. Sekarang ini, sudah banyak media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi, salah satunya metode pembelajaran menggunakan Augmented Reality. Pembangunan Aplikasi augmented reality sebagai media pembelajaran bangun ruang untuk anak usia 6-9 tahun berbasis android merupakan salah satu pemanfaatan tekonologi Augmented Reality dalam bidang Pendidikan. Dengan dibuatnya media pembelajaran tersebut, diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC dengan langkah-langkah yang mencakup pengonsepan, desain aplikasi, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi, dan pendistribusian. Aplikasi Augmented Reality dikembangkan untuk platform mobile berbasis android dengan menggunakan teknologi yang memungkinkan objek virtual tampil di dunia nyata melalui layar perangkat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality yang menawarkan visualisasi tiga dimensi dari berbagai bentuk geometris seperti kubus, balok, prisma, kerucut, limas, tabung, dan bola. Dalam uji coba awal, aplikasi ini dilakukan pengujian beta testing dan alpha testing. Secara keseluruhan, penelitian ini mengindikasikan bahwa aplikasi augmented reality memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bangun ruang bagi anak-anak usia 6-9 tahun. Aplikasi ini tidak hanya membantu mereka memahami konsep secara lebih baik, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Building Space Learning, Children, Interactive, 3D Visualization.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:58
Last Modified: 09 Jan 2024 06:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item View Item