PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS 11 SMA N 1 PREMBUN KEBUMEN

Prasetya, Michael Devin (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS 11 SMA N 1 PREMBUN KEBUMEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Michael Devin Prasetya.zip
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan komputer telah berkembang sangat pesat dalam berbagai bidang pekerjaan. Hampir diseluruh bidang pekerjaan menggunakan komputer untuk meringankan tugas manusia. Pengembangan media pembelajaran interaktif Pancasila dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan subjek penelitian yang membutuhkan media dalam proses pembelajaran dan media tersebut diharapkan dapat membantu penyampaian materi secara efektif dan efisien. Media pembelajaran interaktif ini diujicobakan di SMA Negeri 1 Prembun. Metode yang digunakan penulis dalam mengetahui pokok permasalahan ini adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Untuk mengatasi permasalahan yang terdapat pada SMA Negeri 1 Prembun maka penulis membangun aplikasi media pembelajaran interaktif Pancasila menggunakan Articulate Storyline 3. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi media interaktif yang berisikan informasi mengenai bab 1 pada kelas XI yaitu Pancasila. Aplikasi media interaktif ini dapat diakses peserta didik melalui smartphone berbasis android serta website, pada aplikasi ini terdapat materi pembelajaran, kuis, petunjuk kuis, kompetensi. Skor penilaian aplikasi ini berdasarkan hasil kuesioner kepada 36 peserta didik menghasilkan nilai presentase 88,41% dan dapat dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Articulate storyline 3, Metode Research and Development( R&D), Aplikasi, Pancasila
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:40
Last Modified: 08 Jan 2024 06:40
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item