PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING PADA PEMBELAJARAN TATA SURYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 3 DEPOK

Nizard, Riszhan (2023) PENERAPAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING PADA PEMBELAJARAN TATA SURYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SMPN 3 DEPOK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Riszhan Nizard.zip
Restricted to Repository staff only

Download (127MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Augmented Realty (AR) Dapat di definisikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya 2 dimensi dan 3 dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata atau real, kemudian memunculkan secara realtime. AR dapat digunakan untuk mevisualisasikan abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek. Beberapa aplikasi AR dirancang untuk memberikan informasi yang lebih detail pada pengguna dari objek nyata. Tata Surya adalah ilmu dasar yang terdapat didalam materi mata pelajaran IPA tata surya. Sayangnya media pembelajaran berupa alat peraga pembelajaran tata surya saat ini masih menggunakan media cetak, video tutorial dan alat peraga sederhana lainnya di mana guru lebih dominan menerangkan dan siswa hanya menyimak. Metode seperti ini kurang begitu mengasah kreatifitas dan daya tangkap siswa, ditambah penggunaan alat peraga yang terbatas, Maka peneliti berinisiatif untuk membuat aplikasi pembelajaran Augmented Reality tata surya berbasis android yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa SMPN 3 DEPOK menggunakan Vuforian dan Unity dengan metode Marker based Tracking.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tata Surya, Vuoria, Unity, Marker based Tracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:20
Last Modified: 08 Jan 2024 06:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23417

Actions (login required)

View Item View Item