Ramadani, Muhamad (2023) PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI SEBUAH TOKO MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (32kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Muhamad Ramadani.zip Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perilaku konsumen dalam pembelian produk pada saat waktu yang sama menjadikan salah satu faktor dalam pengaturan tata letak sebuah toko untuk meletakkan barang. Tata letak atau layout produk yang tepat, harga seimbang, serta kelengkapan produk yang bervariasi dan lengkap secara tidak langsung akan mempengaruhi minat konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Untuk menangani masalah tersebut, perlu dibuat sebuah model sistem untuk menentukan pola tata letak produk pada sebuah toko dengan melihat pola pembelian konsumen. Metode pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan menerapkan prinsip data mining yaitu association rule. Algoritma apriori pada data mining akan dipergunakan untuk menentukan frequent itemset yaitu untuk menghitung prosentase ketertarikan (confidence) konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Selanjutnya, market basket analysis digunakan untuk menentukan pola konsumen. Hasil dari penelitian nanti akan menghasilkan beberapa macam rule yang digunakan untuk informasi sebuah toko tentang tata letak produk sesuai dengan pola pembelian konsumen, pemilik toko dapat melihat stok produk, memberikan kenyamanan konsumen mencari produk yang akan dibeli tanpa harus tanyakan kepada pemilik toko, dan meningkatkan strategi promosi sebuah toko berdasarkan item terbanyak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Data mining, Association rule, Apriori, Market basket analysis, Strategi promosi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:37 | ||
Last Modified: | 08 Jan 2024 04:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23392 |
Actions (login required)
View Item |