PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI SEBUAH TOKO MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Ramadani, Muhamad (2023) PENERAPAN DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI SEBUAH TOKO MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - Muhamad Ramadani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku konsumen dalam pembelian produk pada saat waktu yang sama menjadikan salah satu faktor dalam pengaturan tata letak sebuah toko untuk meletakkan barang. Tata letak atau layout produk yang tepat, harga seimbang, serta kelengkapan produk yang bervariasi dan lengkap secara tidak langsung akan mempengaruhi minat konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Untuk menangani masalah tersebut, perlu dibuat sebuah model sistem untuk menentukan pola tata letak produk pada sebuah toko dengan melihat pola pembelian konsumen. Metode pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan menerapkan prinsip data mining yaitu association rule. Algoritma apriori pada data mining akan dipergunakan untuk menentukan frequent itemset yaitu untuk menghitung prosentase ketertarikan (confidence) konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Selanjutnya, market basket analysis digunakan untuk menentukan pola konsumen. Hasil dari penelitian nanti akan menghasilkan beberapa macam rule yang digunakan untuk informasi sebuah toko tentang tata letak produk sesuai dengan pola pembelian konsumen, pemilik toko dapat melihat stok produk, memberikan kenyamanan konsumen mencari produk yang akan dibeli tanpa harus tanyakan kepada pemilik toko, dan meningkatkan strategi promosi sebuah toko berdasarkan item terbanyak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Abdulloh, Ferian Fauzi
Uncontrolled Keywords: Data mining, Association rule, Apriori, Market basket analysis, Strategi promosi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:37
Last Modified: 08 Jan 2024 04:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23392

Actions (login required)

View Item View Item