PEMBUATAN APLIKASI GAME EDUKASI HIJAIYAH UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SD NEGERI SELOMULYO

Isnoko, Juan Ari (2023) PEMBUATAN APLIKASI GAME EDUKASI HIJAIYAH UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SD NEGERI SELOMULYO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Juan Ari Isnoko.zip
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini telah banyak memberikan manfaaat dalam kemajuan di berbagai aspek kehidupan. Dalam bisnis perkembangan teknologi ini menjadi sangat penting untuk dimanfaatkan. Penggunaan teknologi dalam membantu pembelajaran merupakan suatu keharusan dalam meningkatkan keuntungan dan pembelajaran yang lebih efektif. Fakta yang terjadi sekarang adalah kurangnya pengawasan, kontrol, dan kepedulian terhadap apa yang anak-anak mereka terima, lihat, dan pelajari di dalam taman pengajian baik itu di lingkungan dalam dan luarnya. Bukan masalah sudut pandang dari segi ilmu yang mereka dapatkan atau dari segi tenaga pengajar. Melainkan bagaimana cara anak-anak bisa memanfaatkan perangkat elektronik yang ada untuk belajar huruf hijaiyah yang mereka lihat dan pelajari tanpa adanya guru dan orang tua yang mendampinginya dengan aman, praktis dan mudah. Melihat kondisi yang ada sekarang kurangnya efektifitas belajar anak-anak dalam mempelajari huruf hijaiyah maka aplikasi ini dibuat untuk mempermudah dan meningkatkan efektifitas belajar dengan media pendukung seperti audio dan visual, dengan membuat aplikasi game ini diharapkan anak–anak dapat dengan mudah mengingat hijaiyah dengan cepat mereka terima, lihat dan pelajari di rumah. Aplikasi game ini akan dilengkapi dengan audio sehingga anak–anak dapat belajar melalui media suara. Dilihat dari cara pembelajaran di Sekolah Dasar Selomulyo hanya memanfaatkan buku dan kurang memanfaatkan teknologi juga kurangnya inovasi sumber materi yang disajikan yang ada maka peneliti membuat aplikasi game ini bisa digunakan untuk membantu guru dan anak– anak mempelajari huruf hijaiyah. Hal ini dapat membantu perkembangan anak–anak baik secara motorik maupun visual.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Perangkat Elektronik, Aplikasi Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:35
Last Modified: 08 Jan 2024 04:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23391

Actions (login required)

View Item View Item