Isnoko, Juan Ari (2023) PEMBUATAN APLIKASI GAME EDUKASI HIJAIYAH UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM SD NEGERI SELOMULYO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (617kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Juan Ari Isnoko.zip Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini telah banyak memberikan manfaaat dalam kemajuan di berbagai aspek kehidupan. Dalam bisnis perkembangan teknologi ini menjadi sangat penting untuk dimanfaatkan. Penggunaan teknologi dalam membantu pembelajaran merupakan suatu keharusan dalam meningkatkan keuntungan dan pembelajaran yang lebih efektif. Fakta yang terjadi sekarang adalah kurangnya pengawasan, kontrol, dan kepedulian terhadap apa yang anak-anak mereka terima, lihat, dan pelajari di dalam taman pengajian baik itu di lingkungan dalam dan luarnya. Bukan masalah sudut pandang dari segi ilmu yang mereka dapatkan atau dari segi tenaga pengajar. Melainkan bagaimana cara anak-anak bisa memanfaatkan perangkat elektronik yang ada untuk belajar huruf hijaiyah yang mereka lihat dan pelajari tanpa adanya guru dan orang tua yang mendampinginya dengan aman, praktis dan mudah. Melihat kondisi yang ada sekarang kurangnya efektifitas belajar anak-anak dalam mempelajari huruf hijaiyah maka aplikasi ini dibuat untuk mempermudah dan meningkatkan efektifitas belajar dengan media pendukung seperti audio dan visual, dengan membuat aplikasi game ini diharapkan anak–anak dapat dengan mudah mengingat hijaiyah dengan cepat mereka terima, lihat dan pelajari di rumah. Aplikasi game ini akan dilengkapi dengan audio sehingga anak–anak dapat belajar melalui media suara. Dilihat dari cara pembelajaran di Sekolah Dasar Selomulyo hanya memanfaatkan buku dan kurang memanfaatkan teknologi juga kurangnya inovasi sumber materi yang disajikan yang ada maka peneliti membuat aplikasi game ini bisa digunakan untuk membantu guru dan anak– anak mempelajari huruf hijaiyah. Hal ini dapat membantu perkembangan anak–anak baik secara motorik maupun visual.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Perangkat Elektronik, Aplikasi Game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:35 | ||
Last Modified: | 08 Jan 2024 04:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23391 |
Actions (login required)
View Item |