ANALISIS PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU PADA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS PRACIMANTORO

Suleh, Nur (2023) ANALISIS PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN METAMORFOSIS KUPU-KUPU PADA SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS PRACIMANTORO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - NUR SULEH.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan sebuah aplikasi Augmented Reality (AR) yang mengenalkan proses metamorfosis kupu-kupu kepada siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Pracimantoro. Metamorfosis kupu-kupu adalah suatu fenomena yang menarik untuk dipelajari, namun kadang- kadang sulit dipahami oleh siswa dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penggunaan teknologi AR diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep metamorfosis kupu-kupu. Penelitian ini mengadopsi Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam proses pengembangan aplikasi AR. Tahap konsep melibatkan identifikasi tujuan penelitian, penentuan target audiens, dan pemilihan jenis aplikasi AR sebagai media pembelajaran. Tahap perancangan mencakup rancang bangun aplikasi AR, desain interaksi antarmuka pengguna, dan desain grafis serta animasi. Materi yang diperlukan untuk aplikasi AR dikumpulkan pada tahap pengumpulan materi, dan kemudian diintegrasikan pada tahap pembuatan. Aplikasi AR diujicobakan pada tahap pengujian untuk memastikan kualitas dan kesesuaian dengan spesifikasi. Setelah itu, aplikasi AR disimpan dan didistribusikan melalui media penyimpanan yang sesuai. Melalui penerapan MDLC, aplikasi Augmented Reality (AR) ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan visual kepada siswa. Hasil evaluasi umpan balik dari siswa dan guru akan memberikan wawasan tentang efektivitas aplikasi AR dalam mengenalkan proses metamorfosis kupu- kupu. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pendekatan pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep sains pada tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Metamorfosis kupu-kupu, siswa SD, Multimedia development, MDLC, Interaktif, Pembelajaran inovatif, Konsep sains, Tekonologi AR.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:42
Last Modified: 05 Jan 2024 03:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23274

Actions (login required)

View Item View Item