PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE SINGLE MARKER DAN 3D OBJECT TRACKING

Kusyairi, Achmad Rifa’i (2020) PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE SINGLE MARKER DAN 3D OBJECT TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0010-Achmad Rifa'i Kusyairi - Achmad Rifai Kusyairi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0010-Achmad Rifa'i Kusyairi - Achmad Rifai Kusyairi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)

Abstract

Pengaruh teknologi sangat memberikan dampak yang kuat terhadap minat belajar anak – anak dan juga remaja bahkan orang dewasa, terutama pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, yang semakin hari semakin jauh. Pada anak usia dini anak – anak berada pada proses pertumbuhan dan perkembangan. Dengan kondisi tersebut tentunya merupakan masa yang sangat bagus untuk pengenalan huruf – huruf hijaiyah bagi anak – anak muslim. Dalam hal ini tentunya ada kekurang penggunaan Iqra’ sebagai media pembelajaran untuk anak –anak usia dini adalah pada Iqra’ cenderung menggunakan tulisan – tulisan yang polos tanpa ada gambar ataupun warna yang akan membuat minat belajar anak – anak semakin kurang, oleh sebah itu media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan metode single marker dan 3D object tracking sehinga tujuan dari pengenalan huruf hijaiyah itu sendiri akan menarik bagi anak. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dalam penyampaian informasi pengenalan huruf hijaiyah dari gambar 2D yang divisualisasikan ke dalam bentuk 3D akan menambah minat belajar anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah, Augmented Reality, Minat Belajar
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:02
Last Modified: 16 Aug 2023 01:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2325

Actions (login required)

View Item View Item