PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENDA-BENDA DALAM KELAS PADA TK RINDANG KASIH PURWOREJO MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING

Ani, Endah Dwi (2019) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENDA-BENDA DALAM KELAS PADA TK RINDANG KASIH PURWOREJO MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Augmented Reality atau yang biasa disebut AR adalah istilah untuk lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual buatan komputer, sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Saat ini, pemanfaatan teknologi augmented reality sudah merambah pesat tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Salah satu contoh pemanfaatannya yaitu digunakan sebagai media pembelajaran. Penerapan media pembelajaran mengenal benda-benda di dalam kelas menggunakan teknologi Augmented Reality diharapkan dapat membuat murid lebih tertarik pada proses pembelajaran, karena output yang di hasilkan berupa objek dalam bentuk 3 dimensi, sehingga peserta didik dapat menerima visualisasi yang lebih jelas . Marker Based Tracking merupakan metode pelacakan objek menggunakan marker atau penanda berupa gambar 2 Dimensi. Penggunaan metode marker based tracking dinilai tepat untuk diimplementasikan dalam aspek pembelajaran karena metode ini cenderung cepat dalam hal pembacaan munculnya objek 3 Dimensi. Dalam penelitian ini, marker yang digunakan adalah gambar 2 Dimensi yang akan di sajikan dalan bentuk buku interaktif. Media Pembelajaran yang sudah jadi diharapkan dapat menbantu mempermudah guna dalam menyampaikan materi, serta menambah suasana yang lebih interaktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Dahlan, Akhmad
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Augmented Reality, Marker Based Tracking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:30
Last Modified: 02 Jan 2024 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item