LINEAR VISUAL NOVEL DAN IMPLEMENTASI BATTLE SYSTEM SEDERHANA MENGGUNAKAN REN'PY

Muhammad, Brian (2019) LINEAR VISUAL NOVEL DAN IMPLEMENTASI BATTLE SYSTEM SEDERHANA MENGGUNAKAN REN'PY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (907kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah Visual Novel adalah video game bertipe novel berbasis narasi yang menekankan berat pada storytelling lebih seperti membaca sebuah format digital dari tipikal novel daripada interaksi atau gameplay. Sebuah tipikal Visual Novel akan memberikan pemain tingkatan untuk menentukan pilihan untuk mengubah plot dan/atau akhir dan cerita melalui sebuah branching narrative style gameplay. Gameplay tersebut sangat sederhana yang pada dasarnya adalah click-to-text untuk mengungkap cerita. Meskipun demikian, Visual Novel memiliki pontensi untuk dikembangkan menjadi lebih interaktif. Berdasarkan kasus di atas, penelitian ini akan mengembangkan sebuah tipikal Linear Visual Novel yang mempunyai satu akhir dan satu alur cerita untuk diceritakan dengan sebuah implementasi battle system sederhana terbatas pada penggunaan Ren’Py Screen Language. Sebuah battle system adalah in game mechanic dan gameplay dalam video game dimana dua kubu yang saling bertolak mencoba untuk mengalahkan satu dengan lainnya dalam sebuah battle mode. Skenarionya, yaitu memberi pemain peran sebagai karakter utama atau protagonis dari salah satu kubu untuk melakukan aksi seperti menyerang dan bertahan demi untuk membantu karakter memenangkan battle. Kesimpulan, sebuah tipikal Linear Visual Novel dengan tipikal branching narrative untuk mengubah beberapa tingkatan dari narasi dan battle system yang diimplementasikan akan membawa pada interaktif storytelling yang mengungkap cerita melalui naratif dari presentasi Visual Novel itu sendiri dan gameplay dari battle system.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama, Hastari
Uncontrolled Keywords: Visual Novel, Branching Narrative, Gameplay, Battle System, Video Game, Ren'Py
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:17
Last Modified: 02 Jan 2024 03:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23222

Actions (login required)

View Item View Item