ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW PELAYANAN GO-JEK MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Oktavia, Oktavia (2018) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP REVIEW PELAYANAN GO-JEK MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial adalah sebuah wadah jejaring komunikasi yang tidak memiliki batasan dan dapat dengan mudah mengutarakan aspirasinya dan salah platformnya adalah twitter. Hal ini mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan sosial media sebagai salah satu wadah untuk melihat kepuasan pelanggannya. Gojek adalah salah satu platform mobile app yang mempertemukan penumang dan pengemudi dengan cepat dan mudah. Untuk meningkatkan pelayanan baik dari segi penumpang, non penumpang dan pengemudi maka gojek perlu melakukan pengambilan data dari kegunaan aplikasi itu sendiri. Disini penulis ingin mengetahui opini dari masyarakat tentang gojek dimasa sekarang apalah gojek memiliki nilai positif atau kah negatif menggunakan algoritma klasifikasi berupa Support Vector Machine. Dalan prosesnya algoritma akan melewati beberapa tahapan yaitu Pengumpulan Data. Text proceessing yang meliputi Tokenize, Filter Token, Stem, dan Filter Stopwords kemudian dilakukan komparasi feature selection setelah itu di klasifikasi menggunakan algoritma SVM setelah itu dilakukan evaluation. Data yang diuji berjumlah 10 berisi teks yang menggandung kalimat positif dan atau kalimat negatif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pradnya D, Windha Mega
Uncontrolled Keywords: Analisa sentimen. Review, Support Vector Machines, Gojek, sosial media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:16
Last Modified: 28 Dec 2023 03:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23128

Actions (login required)

View Item View Item