PERANCANGAN GAME "FIDGET SPINNER" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Rahmadan, Aditia (2018) PERANCANGAN GAME "FIDGET SPINNER" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Perkembangan industri game di Indonesia sangat berkembang pesat. Pada tahun 2017, industri game Indonesia berada pada posisi ke-16 dalam daftar pasar game terbesar di dunia berdasarkan data dari Newzoo. Pembuatan game berdasarkan topik yang sedang viral merupakan strategi menarik untuk diterapkan di tahun 2018. Fidget Spinner mainan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan merupakan mainan yang populer sejak tahun 2017 menurut data dari Google Trends. Fidget Spinner diklaim bisa meningkatkan fokus, meredakan stres, dan disebut bagus untuk anak Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD) . Dilihat dari perkembangan game di Indonesia yang sedang naik pesat dan populernya Fidget Spinner dibuat menjadi game yang bisa dimainkan diplatfrom android. Gameplay dari game ini adalah pemain harus memutar Fidget Spinner sebanyak 5 kali. Setiap putaran fidget spinner akan dihitung 1 poin dan akan dikalikan dengan bonus kemudian hasilnya akan menjadi coin. Coin yang diperoleh untuk mengupgrade kecepatan dan kekuatan dari fidget spinner. Setiap pemain naik level akan mendapatkan model Fidget Spinner dan effect ketika Fidget Spinner berputar. Metode pengembangan yang digunakan untuk perancangan dalam mengembangkan game ialah GDLC (Game Development Life Cycle) yang meliputi tahapan Initiation. Pre-production, Production, Testing, Beta, dan Release . Game ini dibuat menggunakan engine Scira Construct 2 yaitu game engine pembuat game berbasis HTML5 yang dikhususkan platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Membuat game menggunakan Construct 2 mudah dipahami karena semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam Eventsheet yang terdiri dari Event dan Action. Selain itu terdapat banyak plugin yang siap digunakan untuk membuat, mempercepat dan meningkatkan produktivitas dalain waktu pembuatannya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Dahlan, Akhmad
Uncontrolled Keywords: Game, Fidget Spinner, GDLC, Scira Constnict 2, HTML5
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:30
Last Modified: 27 Dec 2023 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item