Susanto, Iwan (2018) PENERAPAN ASET GRAFIS LOW-POLY 3D DALAM PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME 2D CAT VS ROOM BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (487kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
Abstract
Unity Technology yang berkerja sana dengan peruschaan analitik SuperData merilis laporan mengenai kenaikan perkembangan pasar game mobile dunia sepanjang 2016. Kenaikan ini salah satunya disebabkan oleh pertumbuhan angka pendapatan dari platfom Android, yang mengalami kenaikan hingga 32% dibanding tahun sebelumnya. Situasi ini juga tak lepas dari semakin seringnya penggunaan perangkat mobile untuk kebutuhan bemain game. Game dengan gameplay simpel, singkat, dan mudah diakses lebih sering dimainkan dibandingkan game yang menawarkan pemainan kompleks. Salah satu game smartphone yang berhasil mendapat penghargaan Apple dan Appstore pada taliun 2014 ada]al Monument Valley yang telal di unduh lebih dari satu juta pengguna android. Monument valley menggunakan grafik yang unik untuk menghadirkan ilusi impossible object dengan menggunakan grafik Low Poly. Low Poly adalah mesh poligon pada grafIs komputer 3D yang memiliki jumlah poligon yang relatif kecil. Salah satu kelebihan model 3D dalam pembuatan game yaitu tidck perlu harus menggambar ulang pada setiap gerckan karena adanya fitur rigging dan camera yang dapat diterapkan dalam pembuatan aset sprite 2D. Tingkat retensi pemain gane mobile yang meningkat disebabkan kemudahan akses bermain game bagi pengguna smarfphone kelas menengch hingga low-end. Untuk sebuah game 2D. Banyak peneliti tugas akhir yang menggunakan cara manual dalam pembuatan sprite game, dengan menggambar satu persatu setiap sprite. Sehingga pembuatan aset grafts umumnya dilakukan menggunakan software 2D. Nanun tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga dapat dilakukan menggunakan software 3D
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Grafis Low-poly. 3D modeling, Game development, Android game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:21 | ||
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/23022 |
Actions (login required)
View Item |