Kodir, Mustika Lutfiani (2023) {JALUR PROFESIONAL – STUDI INDEPENDEN} APLIKASI MARKETPLACE RE4CASH BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SCRUM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (469kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (671kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (46kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Profesional Source Code - Mustika Lutfiani Kodir.zip Restricted to Repository staff only Download (116MB) |
Abstract
Pada era digital saat ini, dibutuhkan sarana pertukaran informasi secara cepat dan tepat. Banyak orang menuntut kemudahan dalam segala hal, seperti berbelanja dan memperoleh informasi. Inilah yang menyebabkan teknologi berkembang pesat, salah satunya teknologi berbasis web. Web menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mempermudah pekerjaan mereka, seperti memperoleh informasi melalui artikel maupun berbelanja online melalui web marketplace. Marketplace merupakan tempat yang menjadi sarana bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli secara elektronis dengan media internet. Sayangnya, belum ada aplikasi marketplace berbasis web untuk jual beli sampah dan produk daur ulang yang sekaligus memberikan edukasi mengenai sampah, padahal masih terdapat permasalahan di masyarakat yaitu kurangnya kesadaran akan pentingnya membuang sampah dengan benar sesuai kategorinya. Hal ini, membuat sampah tidak terkelola dengan baik dan berakhir sia-sia di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Maka dari itu, aplikasi ini dibuat untuk mengubah presepsi masyarakat bahwa sebenarnya sampah itu masih berharga, sehingga masyarakat lebih peduli lagi mengenai sampah di sekitarnya dengan memilah atau mengolah sampah menjadi produk daur ulang dan menjualnya. Dengan bantuan edukasi yang diberikan, masyarakat dapat lebih mengetahui manfaat dari pengelolaan sampah. Pembuatan aplikasi marketplace berbasis web ini, dilakukan mulai dari riset permasalahan, pembuatan desain UI/UX dengan Figma, pembuatan Front End dengan JavaScript, ReactJS, dan CSS, juga pembuatan Back End dengan Node.js, Express.js, dan MySQL.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Web, Marketplace, Sampah, Edukasi, Javascript | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Nov 2023 02:09 | ||
Last Modified: | 08 Nov 2023 02:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22775 |
Actions (login required)
View Item |