PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE REN'PY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS 5 SD KANISIUS CONDONGCATUR

Sitio, Anjas Sheva (2023) PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE REN'PY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS 5 SD KANISIUS CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (796kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Anjas Sheva Sitio.zip
Restricted to Repository staff only

Download (131MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

Pendidikan bahasa Inggris adalah hal penting bagi siswa di era modern ini. Kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris terus meningkat seiring dengan perkembangan globalisasi dan teknologi. Namun, pengenalan bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar masih perlu ditingkatkan, terutama di SD Kanisius Condongcatur. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang masih tradisional kurang menarik minat siswa, serta kesulitan dalam memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris yang kreatif dan interaktif. Perancangan game visual novel berbahasa Inggris menjadi alternatif yang menarik. Game visual novel memiliki potensi untuk meningkatkan minat siswa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik. Dengan menggunakan game engine Ren'Py berbasis Android, siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih interaktif, melalui cerita yang menarik dan fitur interaktif yang menggugah minat mereka. Pengembangan game visual novel ini akan berfokus pada materi yang sesuai dengan kurikulum kelas 5 SD, sehingga mendukung tujuan pembelajaran yang lebih kontekstual. Penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, analisis, perancangan game, dan ujicoba, dan diintepretasikan menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa game visual novel digunakan dengan nilai sebesar 85.39% layak sebagai media belajar bahasa inggris untuk siswa kelas 5 SD KANISIUS CONDONGCATUR.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hadinegoro, Arifiyanto
Uncontrolled Keywords: Game, Bahasa inggris, Visual novel, Ren’py
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:12
Last Modified: 07 Nov 2023 02:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item