Sitio, Anjas Sheva (2023) PERANCANGAN GAME VISUAL NOVEL BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE REN'PY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS 5 SD KANISIUS CONDONGCATUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (796kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (963kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Anjas Sheva Sitio.zip Restricted to Repository staff only Download (131MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
Abstract
Pendidikan bahasa Inggris adalah hal penting bagi siswa di era modern ini. Kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris terus meningkat seiring dengan perkembangan globalisasi dan teknologi. Namun, pengenalan bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar masih perlu ditingkatkan, terutama di SD Kanisius Condongcatur. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang masih tradisional kurang menarik minat siswa, serta kesulitan dalam memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris yang kreatif dan interaktif. Perancangan game visual novel berbahasa Inggris menjadi alternatif yang menarik. Game visual novel memiliki potensi untuk meningkatkan minat siswa dan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik. Dengan menggunakan game engine Ren'Py berbasis Android, siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih interaktif, melalui cerita yang menarik dan fitur interaktif yang menggugah minat mereka. Pengembangan game visual novel ini akan berfokus pada materi yang sesuai dengan kurikulum kelas 5 SD, sehingga mendukung tujuan pembelajaran yang lebih kontekstual. Penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, analisis, perancangan game, dan ujicoba, dan diintepretasikan menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa game visual novel digunakan dengan nilai sebesar 85.39% layak sebagai media belajar bahasa inggris untuk siswa kelas 5 SD KANISIUS CONDONGCATUR.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Bahasa inggris, Visual novel, Ren’py | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:12 | ||
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22730 |
Actions (login required)
View Item |