PERANCANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK-ANAK

Larasati, Nindita Dyah Ayu (2023) PERANCANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK-ANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nindita Dyah Ayu Larasati.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)

Abstract

Mengenalkan budaya Indonesia kepada anak sejak dini merupakan salah satu solusi dalam mengenalkan dan menjaga budaya Indonesia agar tetap lestari, dan generasi muda tidak melupakan budayanya sendiri. Di era digital ini, ilmu tidak hanya didapat dari buku, namun ilmu juga bisa didapat dari berbagai hal, termasuk smartphone. Namun sering kali smartphone digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat dibandingkan digunakan untuk belajar. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, permainan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan budaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan untuk mengenalkan budaya Indonesia yang di dalamnya berisikan materi tentang rumah adat, pakaian adat, makanan daerah, lagu daerah dan tarian tradisional. Selain itu aplikasi ini juga akan diberikan tambahan fitur permainan agar terdapat variasi pada aplikasi ini agar tidak monoton dan lebih interaktif nantinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode GDLC dengan pengumpulan data melalui hasil studi literatur dan observasi. Kemudian menghasilkan sebuah game interaktif berbasis android sebagai media representasi budaya Indonesia untuk anakanak. Pengujian akan dilakukan dengan metode WhiteBox testing dan Blackbox testing, hasil uji coba pengguna nantinya akan digunakan untuk mengetahui apakah game ini layak digunakan atau tidak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Game interaktif, Budaya, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:57
Last Modified: 03 Nov 2023 02:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item View Item