Larasati, Nindita Dyah Ayu (2023) PERANCANGAN GAME INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA REPRESENTASI BUDAYA INDONESIA UNTUK ANAK-ANAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Nindita Dyah Ayu Larasati.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
Abstract
Mengenalkan budaya Indonesia kepada anak sejak dini merupakan salah satu solusi dalam mengenalkan dan menjaga budaya Indonesia agar tetap lestari, dan generasi muda tidak melupakan budayanya sendiri. Di era digital ini, ilmu tidak hanya didapat dari buku, namun ilmu juga bisa didapat dari berbagai hal, termasuk smartphone. Namun sering kali smartphone digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat dibandingkan digunakan untuk belajar. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, permainan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan budaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah permainan untuk mengenalkan budaya Indonesia yang di dalamnya berisikan materi tentang rumah adat, pakaian adat, makanan daerah, lagu daerah dan tarian tradisional. Selain itu aplikasi ini juga akan diberikan tambahan fitur permainan agar terdapat variasi pada aplikasi ini agar tidak monoton dan lebih interaktif nantinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode GDLC dengan pengumpulan data melalui hasil studi literatur dan observasi. Kemudian menghasilkan sebuah game interaktif berbasis android sebagai media representasi budaya Indonesia untuk anakanak. Pengujian akan dilakukan dengan metode WhiteBox testing dan Blackbox testing, hasil uji coba pengguna nantinya akan digunakan untuk mengetahui apakah game ini layak digunakan atau tidak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game interaktif, Budaya, Android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:57 | ||
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22584 |
Actions (login required)
View Item |