PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI AYO BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Kusumo, Lucky Nanda (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI AYO BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Lucky Nanda Kusumo.rar
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Perkembangan aplikasi mobile saat ini sudah berkembang luas, terutama di Indonesia. Salah satunya adalah di bidang pendidikan yaitu konsep E-learning. Elearning adalah metode pembelajaran dengan menggunakan perangkat elektronik secara daring atau online. E-learning memungkinkan siapa saja, kapan saja, di mana saja untuk menyelesaikan proses belajar mengajar. Sebagaimana prinsip aktivitas online lainnya, jarak dan waktu bukan lagi menjadi penghalang untuk melakukan aktivitas, Akan tetapi aplikasi pembelajaran untuk saat ini masih memiliki kekurangan di dalamnya seperti warna yang di pakai kurang bagus, fitur-fitur yang tersedia masih belum bisa membantu proses pembelajaran seacara maksimal. Mengatasi masalah tersebut penulis membuat Aplikasi E-learning Ayo Belajar yang mempunyai antarmuka pengguna yang menarik dan pengalaman pengguna yang mudah di gunakan oleh pengguna belajar dengan menggunakan metode Design Thinking untuk menciptakan desain antarmuka pengguna yang menarik dan pengalaman pengguna yang mudah digunakan serta untuk memenuhi kebuthuan pengguna. Tahap-tahap dalam metode Design Thinking, yang meliputi pemahaman pengguna, perumusan masalah, penghasilan ide, pembuatan prototipe, dan pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembuatan desain UI/UX menggunakan metode Design Thinking dapat meningkatkan kepuasan pengguna serta bertujuan untuk mempermudah pengguna saat melakukan kegiatan pembelajaran dan dapat mengatasi permasalahan dari pengguna.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Masruro, Ahlihi
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Ayo Belajar, Design Thinking, Antarmuka, Pengalaman pengguna
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Nov 2023 05:02
Last Modified: 02 Nov 2023 05:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item