Rabbani, Taqiyuddin (2023) ANALISIS DAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PENYAKIT SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN TEKNIK MOTION GRAPHICS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Taqiyuddin Rabbani.zip Restricted to Repository staff only Download (109MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
Abstract
Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat, peran guru sangatlah penting dalam dunia Pendidikan. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Proses Belajar mengajar di SD N Percobaan 2 Depok Sleman masih cenderung manual sehingga terdapat kendala siswa kelas V SD dalam menyerap informasi mata pelajaran IPA penyakit Sistem Peredaran Darah Manusia. Pada saat penulis melakukan penelitian di SD N Percobaan 2 Depok Sleman dapat disimpulkan bahwasanya objek membutuhkan Video Pembelajaran dalam proses belajar mengajar guru dengan siswa. Metode Video Pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran menggunakan metode Motion Graphic dan Metode Penelitiannya menggunakan Research and Development. Teknik motion Graphic telah diimplementasikan pada video pembelajaran kelas 5 SD N Percobaan 2 Mata Pelajaran IPA materi Penyakit Sistem Peredaran Darah Manusia dengan pengujian apha testing sesuai fungsionalitas dan beta testing dalam kateogri ahli media menyatakan sangat setuju dengan persentase 87,40% dan guru menyatakan sangat setuju dengan persentase 91,78 %. Sementara dalam aspek siswa menghasilkan nilai rata-rata peserta didik sebelum video ditayangkan yaitu 67,42 dan di siklus kedua penayangan terdapat peningkatan angka menjadi sebesar 87,50 dan mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75,00 sehingga untuk video materi pembelajaran menggunakan metode Motion Graphics dinyatakan sangat valid untuk digunakan sebagai video materi pembelajaran. Kemudahan penggunaan dalam video ini dapat diakses dimana saja oleh guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Motion Graphic, Proses Belajar Mengajar | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Nov 2023 06:51 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2023 06:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22426 |
Actions (login required)
View Item |