PENGARUH PRODUCT PLACEMENT KOPIKO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION DALAM DRAMA KOREA VINCENZO (SURVEI PENONTON DRAMA KOREA VINCENZO)

Fardiawan, Luthfia Maharani Putri (2022) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT KOPIKO TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION DALAM DRAMA KOREA VINCENZO (SURVEI PENONTON DRAMA KOREA VINCENZO). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan mengenai product placement, brand awareness, dan purchase intention produk Kopiko dalam drama korea Vincenzo mengenai seberapa aware penonton terhadap produk lokal Indonesia Kopiko, yang hadir dalam drama Korea dengan perbincangan banyak orang dan apakah dapat menimbulkan minat dalam purchase intention penontonnya melalui media pemasaran product placement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh product placement Kopiko pada drama korea Vincenzo terhadap brand awareness dan purchase intention melalui penerapan percobaan yang dilakukan pada 96 penonton drama korea Vincenzo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksplanatif kuantitatif. Teori yang digunakan adalah iklan, product placement, brand awareness, purchase intention, dan teori S-R. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling jenis purposive sampling. Mendapatan hasil bahwa product placement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap terhadap brand awareness sebesar 18,5% dan purchase intention sebesar 18,9%. Dari hasil yang didapatkan menjelaskan bahwa 96 responden penonton drama Korea Vincezo dalam penelitian ini memberikan respon terhadap stimulus. Teori S-R dalam penelitian ini yaitu stimulan (product placement Kopiko) mampu merangsang penonton drama Korea Vincenzo dalam penelitian ini, sehingga mampu menimbulan respon. Respon yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapatnya brand awareness dan purchase intention, dapat dilihat dari product placement Kopiko yang mampu masuk tanpa mengganggu alur cerita sehingga menimbulkan minat pembelian.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Product Placement, Brand Awareness, Purchase Intention, Teori SR, Kopiko
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:14
Last Modified: 21 Aug 2023 06:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item