PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGGUNA AKTIF GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi pada mahasiswa daerah Sleman, Yogyakarta)

Billa, Albita Munasalsa (2023) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGGUNA AKTIF GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi pada mahasiswa daerah Sleman, Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Mobile Legends merupakan salah satu game online populer yang hingga saat ini banyak dimainkan oleh berbagai macam kalangan, terutama mahasiswa. Meskipun game online merupakan salah satu cara untuk menghibur diri, namun tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kecanduan karena seringnya bermain game online Mobile Legends, bahkan hingga berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal. Seperti menjadi lebih sering mengurung diri dengan bermain game Mobile Legends dibanding harus berinteraksi langsung dengan teman dan orang sekitar. Melihat permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian terkait Perilaku Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Pengguna Aktif Game Online Mobile Legends di daerah Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak bermain game online Mobile Legends terhadap pola komunikasi interpersonal mahasiswa daerah Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapatkan antara lain terdapat pengaruh dari pemain aktif game online Mobile Legends terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa, mahasiswa menjadi lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri bermain game, susah berbaur serta perubahan pola perilaku komunikasi menjadi tidak efektif. Perilaku komunikasi ini juga menunjukkan penurunan kemauan untuk berkomunikasi secara aktif, sulit berbaur dengan orang lain, dan kurang responsif terhadap komunikasi lisan. Mereka lebih suka berinteraksi dengan sesama pemain dalam lingkaran game dan seringkali menggunakan ekspresi emosi serta bahasa kasar saat bermain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartika Sari
Uncontrolled Keywords: Game Mobile Legends, Komunikasi interpersonal, Mahasiswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:25
Last Modified: 31 Oct 2023 07:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22334

Actions (login required)

View Item View Item