Billa, Albita Munasalsa (2023) PERILAKU KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGGUNA AKTIF GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (Studi pada mahasiswa daerah Sleman, Yogyakarta). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (78kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
Abstract
Mobile Legends merupakan salah satu game online populer yang hingga saat ini banyak dimainkan oleh berbagai macam kalangan, terutama mahasiswa. Meskipun game online merupakan salah satu cara untuk menghibur diri, namun tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kecanduan karena seringnya bermain game online Mobile Legends, bahkan hingga berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal. Seperti menjadi lebih sering mengurung diri dengan bermain game Mobile Legends dibanding harus berinteraksi langsung dengan teman dan orang sekitar. Melihat permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian terkait Perilaku Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Pengguna Aktif Game Online Mobile Legends di daerah Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak bermain game online Mobile Legends terhadap pola komunikasi interpersonal mahasiswa daerah Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan yang didapatkan antara lain terdapat pengaruh dari pemain aktif game online Mobile Legends terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa, mahasiswa menjadi lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendiri bermain game, susah berbaur serta perubahan pola perilaku komunikasi menjadi tidak efektif. Perilaku komunikasi ini juga menunjukkan penurunan kemauan untuk berkomunikasi secara aktif, sulit berbaur dengan orang lain, dan kurang responsif terhadap komunikasi lisan. Mereka lebih suka berinteraksi dengan sesama pemain dalam lingkaran game dan seringkali menggunakan ekspresi emosi serta bahasa kasar saat bermain.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Mobile Legends, Komunikasi interpersonal, Mahasiswa | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 31 Oct 2023 07:25 | ||
Last Modified: | 31 Oct 2023 07:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22334 |
Actions (login required)
View Item |