PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN MARKER-BASED AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SDN 05 PINANG RANTI PAGI KELAS 4)

Pratama, Muhammad Indra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN MARKER-BASED AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SDN 05 PINANG RANTI PAGI KELAS 4). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (602kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.3084 Muhammad Indra Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Media Pembelajaran merupakan salah satu sarana penting untuk menunjang pendidikan, dengan perkembangan teknologi saat ini menawarkan pembaharuan dalam membuat media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan teknologi Augemented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Rumah adat merupakan salah satu identitas dari suatu suku bangsa, rumah adat juga masuk ke dalam materi pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ) untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar, berdasarkan hal tersebut penulis memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk membuat Media Pembelajaran Rumah adat. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi yaitu concept, design, matrial collection, assembly, testing dan distribution. Subjek penilitian ini melibatkan siswa kelas 4 dan guru di SDN 05 Pinang Ranti Pagi. Adapun hasil dari penilitian ini adalah tersusunnya media pembelajaran rumah adat berbasis Augmented Reality.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Rumah adat, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:19
Last Modified: 30 Oct 2023 04:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item