Pratama, Muhammad Indra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN RUMAH ADAT MENGGUNAKAN MARKER-BASED AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SDN 05 PINANG RANTI PAGI KELAS 4). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (602kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.11.3084 Muhammad Indra Pratama.zip Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
Abstract
Media Pembelajaran merupakan salah satu sarana penting untuk menunjang pendidikan, dengan perkembangan teknologi saat ini menawarkan pembaharuan dalam membuat media pembelajaran, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan teknologi Augemented Reality. Augmented Reality merupakan aplikasi penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Rumah adat merupakan salah satu identitas dari suatu suku bangsa, rumah adat juga masuk ke dalam materi pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial ) untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar, berdasarkan hal tersebut penulis memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk membuat Media Pembelajaran Rumah adat. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi yaitu concept, design, matrial collection, assembly, testing dan distribution. Subjek penilitian ini melibatkan siswa kelas 4 dan guru di SDN 05 Pinang Ranti Pagi. Adapun hasil dari penilitian ini adalah tersusunnya media pembelajaran rumah adat berbasis Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Rumah adat, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 30 Oct 2023 04:19 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 04:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22186 |
Actions (login required)
View Item |