Ardiyanto, Faizal Zulfi (2021) MARKERLESS AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENAMPIL MASKOT VIRTUAL DENGAN METODE PLANE DETECTION PADA OBYEK WISATA PANTAI TRISIK KABUPATEN KULON PROGO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (576kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (60kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0030-Faizal Zulfi Ardiyanto - Faizal Zulfi Ardiyanto.rar Restricted to Repository staff only Download (147MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
publikasi-16.11.0030-Faizal Zulfi Ardiyanto - Faizal Zulfi Ardiyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (784kB) |
Abstract
Kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten paling barat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo memiliki berbagai potensi dan wisata alam diantaranya adalah obyek wisata Pantai Trisik. Selain pemandangan pantai daya tarik utama Pantai Trisik adalah laguna dan juga konservasi penyu. Hal semula yang dilakukan pengelola untuk menunjang kawasan wisata Pantai Trisik adalah membuat patung maupun maskot konservasi penyu dan juga membuat beberapa papan informasi mengenai konservasi penyu. Dengan adanya teknologi Augmented Reality (AR) dapat menjadi jawaban dengan menciptakan maskot virtual karakter penyu yang satu paket dengan informasi-informasi edukatif tentang konservasi penyu yang lebih ramah biaya dan juga bisa diaplikasikan sebagai penunjang lokasi swafoto dan menjadi aplikasi yang edukatif. Dalam aplikasi AR Maskot Penyu terdiri dari 2 menu utama yaitu AR kamera yang mampu mendeteksi bidang datar dan memunculkan maskot penyu dengan memanfaatkan fitur plane detection pada framework ARFoundation dan juga menu "Mengenal Penyu" untuk mengenalkan jenis-jenis penyu dan langkah konservasi penyu. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pada tahap pengujian, ada 4 pengujian yang dilaksanakan berdasarkan standar ISO 25010 yakni pengujian fungsionalitas, pengujian kompatibilitas, pengujian efisiensi performa, dan juga pengujian kegunaan. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil 100% dalam pengujian fungsionalitas, 83% dalam pengujian kompatibilitas, dan juga 85% dalam pengujian kegunaan dengan konversi nilai "Sangat Layak" , "Sangat Baik", dan juga "Sangat Memuaskan. Selain itu dalam pengujian efisiensi performa menggunakan BitBar Cloud juga menunjukkan hasil "baik".
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, markerless, plane detection, ARFoundation, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 07:07 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
View Item |