MARKERLESS AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENAMPIL MASKOT VIRTUAL DENGAN METODE PLANE DETECTION PADA OBYEK WISATA PANTAI TRISIK KABUPATEN KULON PROGO

Ardiyanto, Faizal Zulfi (2021) MARKERLESS AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENAMPIL MASKOT VIRTUAL DENGAN METODE PLANE DETECTION PADA OBYEK WISATA PANTAI TRISIK KABUPATEN KULON PROGO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (576kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0030-Faizal Zulfi Ardiyanto - Faizal Zulfi Ardiyanto.rar
Restricted to Repository staff only

Download (147MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
publikasi-16.11.0030-Faizal Zulfi Ardiyanto - Faizal Zulfi Ardiyanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Kabupaten Kulon Progo merupakan kabupaten paling barat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Kulon Progo memiliki berbagai potensi dan wisata alam diantaranya adalah obyek wisata Pantai Trisik. Selain pemandangan pantai daya tarik utama Pantai Trisik adalah laguna dan juga konservasi penyu. Hal semula yang dilakukan pengelola untuk menunjang kawasan wisata Pantai Trisik adalah membuat patung maupun maskot konservasi penyu dan juga membuat beberapa papan informasi mengenai konservasi penyu. Dengan adanya teknologi Augmented Reality (AR) dapat menjadi jawaban dengan menciptakan maskot virtual karakter penyu yang satu paket dengan informasi-informasi edukatif tentang konservasi penyu yang lebih ramah biaya dan juga bisa diaplikasikan sebagai penunjang lokasi swafoto dan menjadi aplikasi yang edukatif. Dalam aplikasi AR Maskot Penyu terdiri dari 2 menu utama yaitu AR kamera yang mampu mendeteksi bidang datar dan memunculkan maskot penyu dengan memanfaatkan fitur plane detection pada framework ARFoundation dan juga menu "Mengenal Penyu" untuk mengenalkan jenis-jenis penyu dan langkah konservasi penyu. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pada tahap pengujian, ada 4 pengujian yang dilaksanakan berdasarkan standar ISO 25010 yakni pengujian fungsionalitas, pengujian kompatibilitas, pengujian efisiensi performa, dan juga pengujian kegunaan. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil 100% dalam pengujian fungsionalitas, 83% dalam pengujian kompatibilitas, dan juga 85% dalam pengujian kegunaan dengan konversi nilai "Sangat Layak" , "Sangat Baik", dan juga "Sangat Memuaskan. Selain itu dalam pengujian efisiensi performa menggunakan BitBar Cloud juga menunjukkan hasil "baik".

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, markerless, plane detection, ARFoundation, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:07
Last Modified: 15 Aug 2023 03:43
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item View Item