PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA APLIKASI MOBILE THRIFT SHOP

Syah, Jodi Yanuar (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA APLIKASI MOBILE THRIFT SHOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (584kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Jodi Yanuar Syah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi mulai berkembang pesat di Indonesia seiring berjalannya waktu. Penggunaan internet di Indonesia mulai meningkat dengan terkoneksinya jaringan di seluruh Indonesia. Dengan memanfaatkan trend perkembangan perdagangan elektronik, dapat merubah gaya hidup masyarakat salah satunya menjadi peluang bisnis baru. Ide peluang bisnis yang dapat diaplikasikan di bidang e-commerce yaitu jual-beli barang second yang diberi nama Thrifting. Dari permasalahan diatas, dapat memberikan peluang mahasiswa dan masyarakat untuk memasarkan barang second dengan mengadopsi teknologi salah satunya melalui aplikasi mobile. Penelitian ini menerapkan metode UCD (User Centered Design). UCD (User Centered Design) adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. UCD memiliki 5 aktivitas yaitu Plan, Specify context of use, specify user and organisational requirements, Produce design solutions, dan Evaluate designs against user requirements. Setelah melakukan aktivitas tersebut hasilnya adalah prototype. Langkah selanjutnya adalah pengujian prototype menggunakan metode System Usability Scale. Hasil dari penelitian ini adalah tampilan antarmuka aplikasi Thrift yang telah divalidasi oleh calon pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Farida, Lilis Dwi
Uncontrolled Keywords: Mobile, User Centered Design, Thrift, User interface, User experience
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:52
Last Modified: 26 Oct 2023 07:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22052

Actions (login required)

View Item View Item