PERANCANGAN ANIMASI “HOPE” DENGAN TEKNIK MENGGABUNGKAN ELEMEN 2D DAN 3D MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER 2.8

Pamungkas, Dimas Budi (2023) PERANCANGAN ANIMASI “HOPE” DENGAN TEKNIK MENGGABUNGKAN ELEMEN 2D DAN 3D MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER 2.8. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Dimas Budi Pamungkas.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

Animasi telah menjadi elemen penting dalam industri hiburan dan kreatif. Dengan perkembangan teknologi, penggabungan elemen 2D dan 3D dalam satu frame animasi telah menjadi tren baru yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perancangan animasi dengan menggabungkan elemen 2D dan 3D dalam satu frame menggunakan aplikasi Blender. Berfokus pada penggunaan aplikasi Blender sebagai alat utama untuk mengintegrasikan elemen 2D dan 3D dalam animasi. Melalui analisis literatur dan penelitian praktis, menjelaskan teknikteknik yang diperlukan untuk mencapai penggabungan yang harmonis antara elemen 2D dan 3D. Fitur-fitur khusus dalam Blender seperti Grease Pencil, layer, dan keyframing digunakan untuk menciptakan animasi yang menggabungkan kedua elemen. Selama proses perancangan, penulis membagikan panduan langkah demi langkah dan contoh praktis untuk memudahkan pemahaman dan penerapan konsep ini. Melalui penelitian ini, animator akan mempelajari cara mengatur proyek animasi, mengolah karakter, menambahkan efek visual, dan menciptakan pengalaman visual yang menarik bagi penonton. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan industri animasi dengan memperluas batasan dan memanfaatkan potensi kedua gaya animasi. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan dan panduan praktis bagi animator yang ingin menciptakan karya animasi yang lebih komplek dan menarik dengan menggabungkan elemen 2D dan 3D dalam satu frame.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Animasi, 2D, 3D, Blender
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:15
Last Modified: 26 Oct 2023 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22041

Actions (login required)

View Item View Item