Ahmad, Fazlur Fauzan (2023) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DENGAN KARTU KUARTET PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) CAHAYA PELANGI BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (136kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fazlur Fauzan Ahmad.zip Restricted to Repository staff only Download (39MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
Abstract
Teknologi Augmented Reality atau biasa disingkat AR, merupakan sebuah teknologi yang sangat berkembang pesat di era saat ini, Augmented Reality merupakan upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer. Agar dalam pembelajaran mengenal alfabet lebih efektif, maka itu menggunakan salah satu jenis kartu yang sering digunakan dalam permainan yaitu kartu kuartet, kartu kuartet tersebut akan dijadikan sebagai marker pada Augmented Reality (AR). Dengan kartu kuartet kegiatan proses pembelajaran menjadi interaktif, menarik dan serasa lagi bermain. Penerapan Media pembelajaran mengenal huruf alfabet dengan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai inovasi pembelajaran. Karena penggunaan media pembelajaran berupa gambar dua dimensi yang tersedia dalam buku pembelajaran membuat siswa cenderung pasif dan kurang interaktif karena media gambar kurang terlihat nyata dan kurang menarik, diharapkan dengan Augmented Reality mampu dapat membuat para murid lebih tertarik dalam proses pembelajaran mengenal huruf alfabet, karena nanti output yang dihasilkan berupa objek 3 dimensi, sehingga membuat para murid menerima visualisasi lebih bagus.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Permainan Kartu Kuartet | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:26 | ||
Last Modified: | 06 Feb 2024 06:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22021 |
Actions (login required)
View Item |