AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DENGAN KARTU KUARTET PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) CAHAYA PELANGI BERBASIS ANDROID

Ahmad, Fazlur Fauzan (2023) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF ALFABET DENGAN KARTU KUARTET PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) CAHAYA PELANGI BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Fazlur Fauzan Ahmad.zip
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB)

Abstract

Teknologi Augmented Reality atau biasa disingkat AR, merupakan sebuah teknologi yang sangat berkembang pesat di era saat ini, Augmented Reality merupakan upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat melalui komputer. Agar dalam pembelajaran mengenal alfabet lebih efektif, maka itu menggunakan salah satu jenis kartu yang sering digunakan dalam permainan yaitu kartu kuartet, kartu kuartet tersebut akan dijadikan sebagai marker pada Augmented Reality (AR). Dengan kartu kuartet kegiatan proses pembelajaran menjadi interaktif, menarik dan serasa lagi bermain. Penerapan Media pembelajaran mengenal huruf alfabet dengan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai inovasi pembelajaran. Karena penggunaan media pembelajaran berupa gambar dua dimensi yang tersedia dalam buku pembelajaran membuat siswa cenderung pasif dan kurang interaktif karena media gambar kurang terlihat nyata dan kurang menarik, diharapkan dengan Augmented Reality mampu dapat membuat para murid lebih tertarik dalam proses pembelajaran mengenal huruf alfabet, karena nanti output yang dihasilkan berupa objek 3 dimensi, sehingga membuat para murid menerima visualisasi lebih bagus.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Permainan Kartu Kuartet
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:26
Last Modified: 06 Feb 2024 06:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/22021

Actions (login required)

View Item View Item