Yani, Bayu Ahmat (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) PENGENALAN STRUKTUR MATA MANUSIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Bayu Ahmat Yani.zip Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
Abstract
Mata adalah salah satu dari lima indera manusia yang sangat penting dalam menerima dan memproses cahaya. Bagian-bagian mata seperti kornea, sklera, lensa kristalin, iris, pupil, otot mata, vitreus humor, retina, koroid, dan saraf optik bekerja bersama untuk mengolah informasi visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian MDLC untuk menjelaskan penggunaan model objek tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran organ mata manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konvensional seperti buku tema dengan gambar dan alat peraga masih dominan dalam pembelajaran organ mata. Namun, untuk meningkatkan pengalaman belajar, penting untuk mengadopsi media pembelajaran yang berbeda. Penggunaan model objek tiga dimensi (3D) memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagian-bagian organ mata manusia. Model ini memberikan visualisasi yang jelas dan interaktif, memungkinkan siswa untuk memahami struktur dan fungsi mata secara lebih holistik.Dalam kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya menggunakan model objek tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran organ mata manusia. Model ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang struktur dan fungsi mata secara visual dan interaktif. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan beragam untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dalam mempelajari organ mata manusia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mata Manusia, Media Pembelajaran, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:31 | ||
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21978 |
Actions (login required)
View Item |