Pembuatan Virtual Tour 360 Sebagai Media Promosi Museum Gunungapi Merapi

Kurniawan, Aris (2018) Pembuatan Virtual Tour 360 Sebagai Media Promosi Museum Gunungapi Merapi. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.12.8208 Aris Kurniawan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (274MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan jumlah wisatawan yang ada di Museum Gunungapi Merapi, sehingga hasil yang diperoleh setiap harinya semakin meningkat pengunjung. Kampanye media yang cukup efektif perhatian publik adalah media visual suka baliho, iklan dan brosur, tetapi media tersebut hanya bisa menampilkan lingkungan kampus dalam 2D. Teknik yang dikenal saat ini Virtual Tour Photography adalah teknik yang memungkinkan untuk melihat interaktif foto panorama sudut lebar 360 . Teknik ini mampu membawa pengguna di ruang dunia maya seperti berdiri tegak dan ada di dalam ruangan. o Pengembangan aplikasi Virtual Tour menggunakan metode desain berbasis gambar untuk aplikasi Virtual Reality (IBVR) yang terdiri dari 4 tahap: Perencanaan dan Penyempurnaan Proyek, Spesifikasi Kebutuhan Pengguna, Pengembangan dan Implementasi IBVR, Verifikasi dan Validasi IBVR. Aplikasi yang menghasilkan aplikasi tour virtual itu dapat diimplementasikan di situs web, aplikasi android, desktop dan CD interaktif. Aplikasi yang dihasilkan telah memenuhi karakteristik aplikasi IBVR sehingga pengguna tertarik pada tampilan layar penuh, gambar yang jernih dan tajam dengan resolusi 5319 x 2042 piksel, hotspot yang tidak konsisten, panning manual, panning otomatis, suttle / berharap ke hotspot berikutnya, memperbesar / di luar. Dengan fungsionalitas dan kemudahan penggunaan, pengguna akan mengalami kehadiran spasial dalam berinteraksi dengan aplikasi tur virtual. Tanggung jawab saat melakukan panning dan zoom in / out dengan lancar, hopping hotspot membutuhkan sedikit waktu untuk memuat panorama hotspot selanjutnya yaitu 2.8 detik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Museum, Promosi, Panorama, Virtual Tour
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:28
Last Modified: 05 Feb 2024 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item