REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE IKLAN NIKE: “WHAT ARE GIRLS MADE OF?”

Oktaviana, Dinda (2022) REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE IKLAN NIKE: “WHAT ARE GIRLS MADE OF?”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0701 Dinda Oktaviana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Gerakan feminisme adalah gerakan untuk mengakhiri bentuk ketimpangan genderdi masyarakat dan menuntut kesetaraan gender dalam semua lingkup kehidupan bermasyarakat. Isu tersebut kemudian diangkat oleh perusahaan olahraga Nikedalam salah satu kampanye iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi feminisme dalam iklan Nike: “What are girls made of?”. Metodepenelitian menggunakan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivisme.Penelitian ini menggunakan teori representasi Stuart Hall dan Feminisme Rosemarie Tong. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Semiotika CharlesSanders Peirce melalui representament, objek dan interpretan. Hasil penelitianmenampilkan nilai feminisme dalam iklan Nike: “What are girls made of?”digambarkan melalui perempuan yang melawan stereotip konservatif masyarakat.Terdapat dua aliran feminisme dalam penelitian ini, yaitu feminisme liberal dan feminisme eksistensialis yang ditunjukkan dengan perempuan lebih dari stereotip, perempuan bukan kaum marginal, perempuan yang bekerja dan perempuanmenentukan eksistensinya sendiri. Aliran feminisme liberal ditampilkan lebih dominan dalam iklan dibandingkan dengan feminisme eksistensialis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asrita, Stara
Uncontrolled Keywords: Feminisme, Iklan, Perempuan, Semiotika, Representasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:41
Last Modified: 19 Sep 2023 02:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21511

Actions (login required)

View Item View Item