Oktaviana, Dinda (2022) REPRESENTASI FEMINISME DALAM IKLAN (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE IKLAN NIKE: “WHAT ARE GIRLS MADE OF?”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (556kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0701 Dinda Oktaviana.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
Abstract
Gerakan feminisme adalah gerakan untuk mengakhiri bentuk ketimpangan genderdi masyarakat dan menuntut kesetaraan gender dalam semua lingkup kehidupan bermasyarakat. Isu tersebut kemudian diangkat oleh perusahaan olahraga Nikedalam salah satu kampanye iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi feminisme dalam iklan Nike: “What are girls made of?”. Metodepenelitian menggunakan kualitatif deskriptif dan paradigma konstruktivisme.Penelitian ini menggunakan teori representasi Stuart Hall dan Feminisme Rosemarie Tong. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Semiotika CharlesSanders Peirce melalui representament, objek dan interpretan. Hasil penelitianmenampilkan nilai feminisme dalam iklan Nike: “What are girls made of?”digambarkan melalui perempuan yang melawan stereotip konservatif masyarakat.Terdapat dua aliran feminisme dalam penelitian ini, yaitu feminisme liberal dan feminisme eksistensialis yang ditunjukkan dengan perempuan lebih dari stereotip, perempuan bukan kaum marginal, perempuan yang bekerja dan perempuanmenentukan eksistensinya sendiri. Aliran feminisme liberal ditampilkan lebih dominan dalam iklan dibandingkan dengan feminisme eksistensialis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Feminisme, Iklan, Perempuan, Semiotika, Representasi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:41 | ||
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21511 |
Actions (login required)
View Item |