Zuliana, Fina (2021) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF ALFABET MENGGUNAKAN PERMAINAN KARTU KUARTET BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) MUTIARA BUNDA DESA JUMO TEMANGGUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (552kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (108kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - 17.12.0266 - Fina Zuliana - Fina Zuliana.zip Restricted to Repository staff only Download (892MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0266-Fina Zuliana - Fina Zuliana.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
Abstract
Penerapan media pembelajaran mengenal huruf alfabet menggunakan teknologi Augmented Reality diharapkan dapat membuat murid lebih tertarik pada proses pembelajaran dengan bermain sambil belajar, karena output yang dihasilkan berupa objek dalam bentuk 3 dimensi, sehingga peserta didik dapat menerima visualisasi yang lebih jelas. Sekarang Augmented Reality atau yang biasa disebut AR merupakan teknologi terkini untuk menampilkan objek secara virtual dengan menggabungkna dunia nyata dan dunia virtual buatan komputer, Banyak bidang yang dapat menggunakan teknologi Augmented Reality salah satunya dalam dunia pendidikan sebagai media pembelajaran. Untuk mempermudah dan mengefektifkan dalam pembelajaran alfabet dengan menggunakan salah satu jenis permainan kartu yang sudah tidak asing lagi yaitu permainan kartu kwartet. Bentuk permainan kartu kuartet ini akan diimplementasikan kedalam konsep Augmented Reality (AR) sebagai proses belajar alfabet. Agar kegiatan belajar menjadi menarik, menyenangkan dan mudah dengan belajar sambil bermain bersama teman- temannya untuk dapat mengenal huruf alfabet sebagai tahapan awal dari pengenalan huruf pada kata dan perlu bimbingan dari guru atau dari kedua orang tua.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Permainan Kartu Kuartet, Learning, Augmented Reality, Quartet Card game | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 22 Jun 2022 04:00 | ||
Last Modified: | 15 Aug 2023 04:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/2150 |
Actions (login required)
View Item |