MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BINATANG MENGGUNAKAN METODE MDLC PADA KB RATNASARI DESA WILALUNG

Maulana, Andre Zakky (2023) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BINATANG MENGGUNAKAN METODE MDLC PADA KB RATNASARI DESA WILALUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Andre Zakky Maulana.rar
Restricted to Repository staff only

Download (96MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang cukup pesat, terutama dalam bidang pendidikan. Tenaga pendidik dituntuk untuk membuat inovasi dalam pembelajaran, salah satunya media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu bentuk aplikasi yang dijadikan sebagai bahan untuk menyampaikan materi yang dirancang dengan semenarik mungkin. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang media pembelajaran interaktif pengenalan binatang menggunakan Adobe Animate CC 2015 pada KB Ratnasari guna untuk membantu tenaga pendidik dalam inovasi pembelajaran yang dapat menyampaikan materi dengan menarik dan efisien untuk peserta didik. Metode pembuatan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu concept, design, material colleting, assembly, testing, dan distribution. Untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara dengan tenaga pendidik pada KB Ratnasari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif pengenalan binatang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik tentang Binatang. Hal tersebut berdarakan hasil pre test mendapat nilai rata-rata 69,44 sedangkan post test mendapat nilai rata-rata 81,11. Kuesioner yang diberikan kepada 3 tenaga pendidik guna untuk memperoleh respon pengguna terhadap kelayakan aplikasi. Hasilnya, didapat nilai rata-rata presentase 90,4% dan masuk kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif ini memperoleh respon positif dari pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kuswanto, Jeki
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Interaktif, Adobe Animate, Multimedia development life cycle
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:54
Last Modified: 08 Sep 2023 02:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21347

Actions (login required)

View Item View Item