PEMBELAJARAN RUMAH ADAT TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Sekarsari, Riski (2023) PEMBELAJARAN RUMAH ADAT TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - RISKI SEKARSARI.rar
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumah adat Indonesia merupakan warisan budaya yang kaya dan penting untuk dipelajari oleh generasi muda. Namun, seringkali sulit bagi mereka untuk merasakan pengalaman langsung dengan rumah adat tersebut, terutama jika mereka berada di daerah yang jauh atau sulit diakses. Oleh karena itu, penggunaan teknologi seperti Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi yang efektif untuk memperkaya pembelajaran tentang rumah adat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran rumah adat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur tentang rumah adat Indonesia, pengembangan model 3D rumah adat, dan pengujian terhadap anak sebagai partisipan. Penerapan Augmented Reality dalam pembelajaran rumah adat Indonesia memberikan peluang baru untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dengan teknologi modern. Hal ini juga dapat memperluas jangkauan pembelajaran, mengatasi batasan geografis, dan mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang budaya dan warisan Indonesia. Diharapkan penggunaan Augmented Reality dalam pembelajaran rumah adat Indonesia dapat menjadi langkah inovatif dalam mempertahankan dan memperkenalkan kekayaan budaya bangsa kepada generasi muda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Belajar, Augmented reality, Rumah adat, Indonesia, Inovasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:25
Last Modified: 08 Sep 2023 02:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21338

Actions (login required)

View Item View Item