AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BUAH-BUAHAN PADAANAK TK AL FADLILAH USIA 4-5 TAHUN

Ramadhan, Denis Alamsyah (2023) AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BUAH-BUAHAN PADAANAK TK AL FADLILAH USIA 4-5 TAHUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Denis Alamsyah Ramadhan.rar
Restricted to Repository staff only

Download (147MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) dapat diartikan sebagai sebuah teknologi yang mampu menyajikan visualisasi dan animasi dari model atau objek yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata. Pada penelitian ini dibuat media pembelajaran yang inovatif untuk mengenalkan buah-buahan pada anak usia dini dengan metode Augmented Reality (AR) yang berbasis android. Media pembelajaran ini menggabungkan kartu bergambar dan virtual reality. Marker yang terdapat pada kartu bergambar akan ditangkap oleh kamera smartphone, kemudian diproses dan akan tampil animasi tiga dimensi buah-buahan pada layar smartphone secara realtime. Pemanfaatan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality diharapkan dapat merangsang pola pikir anak dalam berpikiran kritis terhadap suatu masalah yang ada pada kehidupan sehari-hari, karena sifat dari media pembelajaran adalah membantu anak usia dini dalam proses pembelajaran dengan ada atau tidak adanya pendidik dalam proses pembelajaran, sehingga pemanfaatan media pembelajaran dengan augmented reality dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Augmented Reality dibuat menggunakan Unity dan Vuforia SDK. Aplikasi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar tentang buah-buahan pada anak-anak yang lebih efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Media pembelajaran, Pengenalan buah
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:14
Last Modified: 29 Jan 2024 05:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item