Irawan, Rian (2023) IMPLEMENTASI RFID RC522 MENGGUNAKAN KARTU MIFARE SEBAGAI TAG MENGHIDUPKAN KELISTRIKAN MOTOR HONDA BEAT 2016 BERBASIS MIKROKONTROLLER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (734kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Rian Irawan.zip Restricted to Repository staff only Download (3kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
Abstract
Berdasarkan data dari Ditjen Pehubungan Darat Kemenhub 2020, korban kecelakaan terbesar yakni SMA sebanyak 80.641 orang, SMP sebanyak 17.699 orang dan SD sebanyak 12.557 orang. Sedangakan tahun 2020-2022 Bareskrim Polri menyatakan kasus pencurian sepeda motor sebanyak 26.947 kasus. Keyless merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna kendaraan bisa menyalakan motor tanpa menggunakan kunci akan tetapi Keyless ini mempunyai kelemahan yakni terletak pada baterai yang memiliki masa pakai. Dengan demikian banyaknya kasus kecelakaan yang melibatkan anak usia muda ini dapat diartikan negara kehilangan genari penerus, pasalnya anak anak ini merupakan tonggak bagi kemajuan dan pembangunan bangasa. Berdasarkan masalah tersebut peneliti memiliki solusi untuk menggunakan E-SIM dan E-KTP sebagai tag untuk menghidupkan kelistrikan kendaraan, dengan menggunakan Frequency Identification (RFID). E-SIM dan E-KTP diperoleh saat anak berusia 17 tahun sehingga pada usia tersebut anak sudah dianggap cukup dewasa dalam mengendaliakn emosinya. Chip yang ada dalam E-SIM dan E-KTP ini tidak memerlkan tenaga dari baterai sehingga menjadi solusi dari kelemahan keyless. Dalam sistem yang telah dibuat didapatkan jarak maksimal dari E-SIM sejauh 6 mm, sedangkan E-KTP sejauh 6,4 mm. Sedangkan kecepatan pembacaan tag tercepat pada jarak 0-2 mm untuk E-SIM dengan kecepatan rata rata 1,62s. untuk E-KTP waktu tercepat pada jarak 0 mm dengan kecepatan rata rata 1,612s. Sistem dapat membedakan dan menvalidasi E-SIM dan E-KTP dengan baik. Untuk sistem pumbakaan bagasi menggunakan Central Lock berhasil bekerja 100% dari 10 kali percobaan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan, Pencurian, E-SIM, E-KTP, RFID | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:50 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:50 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21264 |
Actions (login required)
View Item |