{JALUR ARTIST-MAGANG ARTIST} PEMBUATAN EKSPRESI WAJAH PADA KARAKTER 3D DALAM PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI 3D BERJUDUL “JON JUMAIT”

Pangestu, Purwandito (2023) {JALUR ARTIST-MAGANG ARTIST} PEMBUATAN EKSPRESI WAJAH PADA KARAKTER 3D DALAM PRODUKSI FILM PENDEK ANIMASI 3D BERJUDUL “JON JUMAIT”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Magang Artist Source Code - Purwandito Pangestu.zip
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)

Abstract

Selama proses pembuatan gerak animasi tiga dimensi. Terdapat tahap dimana rigger membuat karakter yang akan dianimasikan supaya bisa memiliki berbagai ekpresi wajah, karena ekpresi wajah karakter tiga dimensi memiliki peranan yang sangat penting. Pergerakan ekpresi yang terlihat natural akan sangat mendukung suasana adegan yang dibuat, sehingga cerita dapat tersampaikan dengan jelas kepada penonton. Karya tulis ini bertujuan untuk menunjukan metode supaya ekpresi wajah yang dibuat pada karakter tiga dimensi memenuhi standar yang telah ditetapkan dan sesuai dengan apa yang ada di dalam storyboard. Selama studi kasus pembuatan ekpresi wajah pada karakter 3D, penulis menggunakan aset karakter manusia yang digunakan selama produksi film animasi pendek tiga dimensi berjudul "Jon Jumait" dan hanya akan berfokus pada bagian wajah saja. Hasil karya tulis ini merupakan sebuah dokumentasi dari penerapan metode yang dipakai untuk membuat ekpresi wajah pada karakter 3D secara terstruktur menggunakan software Autodesk Maya 2019. Kedepannya, diharapkan karya tulis ini dapat menjadi bahan pembelajaran serta referensi dalam pembuatan karya animasi tiga dimensi maupun karya tulis yang lain.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Rig maya, Rig wajah, Animasi ekpresi, Blendshape
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:08
Last Modified: 07 Sep 2023 04:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item