Ali, Prackaz Dwiyahya (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN CAGAR BUDAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY. STUDI KASUS BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA GORONTALO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (284kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Prackaz Dwiyahya Ali.rar Restricted to Repository staff only Download (155MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan situs-situs cagar budaya yang ada di Gorontalo. Bertujuan untuk menambah media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar baik untuk siswa maupun guru dalam mempelajari tentang sejarah terkhusus untuk mengenal lebih jauh bangunan cagar budaya yang ada di Gorontalo dengan menggunakan metode belajar yang modern menggunakan teknologi augmented reality yang menampilkan objek 3 dimensi. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dimulai dari tahap pembuatan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian, dan distribusi atau perilisan. Pembuatan aplikasi augmented reality menggunakan software unity dan blender untuk pembuatan 3D objek bangunan cagar budaya. Aplikasi AR Cabudalo ini di bangun untuk perangkat mobile dengan sistem operasi android dengan spesifikasi minimum menggunakan android 8.1 (Oreo). Dengan kelebihan aplikasi AR Cabudalo yang dibuat untuk platform android sehingga menjadikan aplikasi ini mudah dalam membantu proses pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdasarkan hasil pengujian alpha menggunakan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa aplikasi AR Cabudalo dapat berfungsi sesuai yang diharapkan tanpa adanya eror ataupun bug pada aplikasi. Dan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, dari hasil 30 responden mendapatkan nilai akhir 73,83 dan hasil 3 ahli meliputi 15 pertanyaan mendapatkan nilai akhir 80,83. Dengan begitu dapat menunjukan bahwa aplikasi AR Cabudalo bisa diterima dengan baik oleh pengguna.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Augmented Reality, Unity, Blender, Cagar budaya, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2023 03:52 | ||
Last Modified: | 07 Sep 2023 03:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21246 |
Actions (login required)
View Item |