PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN CAGAR BUDAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY. STUDI KASUS BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA GORONTALO

Ali, Prackaz Dwiyahya (2023) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN CAGAR BUDAYA MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY. STUDI KASUS BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA GORONTALO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Prackaz Dwiyahya Ali.rar
Restricted to Repository staff only

Download (155MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan situs-situs cagar budaya yang ada di Gorontalo. Bertujuan untuk menambah media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar baik untuk siswa maupun guru dalam mempelajari tentang sejarah terkhusus untuk mengenal lebih jauh bangunan cagar budaya yang ada di Gorontalo dengan menggunakan metode belajar yang modern menggunakan teknologi augmented reality yang menampilkan objek 3 dimensi. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dimulai dari tahap pembuatan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan aplikasi, pengujian, dan distribusi atau perilisan. Pembuatan aplikasi augmented reality menggunakan software unity dan blender untuk pembuatan 3D objek bangunan cagar budaya. Aplikasi AR Cabudalo ini di bangun untuk perangkat mobile dengan sistem operasi android dengan spesifikasi minimum menggunakan android 8.1 (Oreo). Dengan kelebihan aplikasi AR Cabudalo yang dibuat untuk platform android sehingga menjadikan aplikasi ini mudah dalam membantu proses pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdasarkan hasil pengujian alpha menggunakan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa aplikasi AR Cabudalo dapat berfungsi sesuai yang diharapkan tanpa adanya eror ataupun bug pada aplikasi. Dan berdasarkan hasil pengujian beta terhadap pengguna, dari hasil 30 responden mendapatkan nilai akhir 73,83 dan hasil 3 ahli meliputi 15 pertanyaan mendapatkan nilai akhir 80,83. Dengan begitu dapat menunjukan bahwa aplikasi AR Cabudalo bisa diterima dengan baik oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rizky, Rizky
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Augmented Reality, Unity, Blender, Cagar budaya, Android, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:52
Last Modified: 07 Sep 2023 03:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item